PENDAMPINGAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI PUSAT PERKEMBANGAN KANAK-KANAK INTAN SAFINAZ

Authors

  • Siti Rahmi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Sri Lestari Handayani Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Gufron Amirullah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Nurafni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.43468

Keywords:

Pendampingan, Calistung, Pembelajaran

Abstract

Pendampingan siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka adalah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Pusat Pengembangan Kanak-kanak Universiti Utara Malaysia. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa di wilayah Kedah dengan memberikan dukungan pembelajaran melalui mentor siswa. Kegiatan ini menggunakan gaya pengajaran yang meliputi nasehat, bimbingan dan demonstrasi atau keteladanan untuk mengembangkan bakat tertentu. Hasil program ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan calistung dan motivasi belajar siswa yang lebih besar, serta minat anak-anak terhadap kegiatan penunjang pembelajaran. Menggunakan alat pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan keterampilan kalibrasi para siswa. Oleh karena itu, penerapan inisiatif dukungan pembelajaran program ini dapat menjadi pendekatan yang layak untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dan meningkatkan kesiapan mereka untuk belajar di Pusat Perkembangan Kanak-Kanak Universiti Utara Malaysia. Hasil dari latihan ini juga dapat menjadi acuan bagi upaya masa depan dalam dukungan pendidikan dan peningkatan keterampilan calistung.

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., & Zsa-zsadilla, C. A. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185

Alda, N., Zulfa, F., Agustian, I., & Mutiara, A. (2024). Peningkatan Literasi Pada Anak-Anak Dan Remaja Melalui Pojok Baca Di Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng. Jurnal Ilmiah Pengabdian …, 01(04), 421–427.

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–173. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH DAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL BLANDED LEARNINGPADA SISWA KELAS V SD KOTA SINGARAJA. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121%0A

Devi Candra Kurniawati, Prety Kurniawati, Diemas Ari Agustino, & Handa Aprisco. (2023). Program Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menu-lis, Berhitung) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak di Desa Dorogowok. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.47134/jpi.v1i1.2086

Fitri, Y., & Juliani, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Bantuan Game Sederhana. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 118–127. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i1.1076

Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1), 35–41. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4

Intan, I. (2024). Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning ( CTL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 09 Rangkang. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1159

Khairiyah, N., Salsabilla, K., Siregar, A. P., Wahyudi, Z. Z., & Sembiring, A. B. K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 52–56. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i1.6230 Analisis

Kirani, D., Putri, R., Farmila, W., & Dalimunthe, D. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa/I Kelas X Mas Al Washliyah 12 Perbaungan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 12–15. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.539

Kurniawan, A., Lau, W., Don, H., Lelo, S., Yosephina, F., Lukas, Y., Ngeppe, L., Ignasia, V., Augustin, M., Amaral, L., Lau, A. K. W., Lelo, H. D. S., Lukas, F. Y. Y., Ngeppe, L., Mali, V. I. M., & Lopes Amaral, M. A. (2022). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 619–624. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6598

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Marisa Dwi Sukmawati, Muhamad Ali, I. A. (2021). DESKRIPSI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(11), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12296

Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., & Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.

Putra Ardi, P., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 20–25. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016

Rahmad, I. N., Ayuningrum, S., Azizah, F. N., Azra, Q. A., & Marcella, Z. T. (2024). Penguatan Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 10–17.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Sukaris, Rahim, A. R., Ernawati, Ardiansyah, T. Y., & Pradini, N. P. L. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, berhitung) untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak desa kedungrukem. DedikasiMU (Journal of Community Service), 5(2), 137–142.

Tasyakuri, N. A., & Faizah, N. U. (2024). Penerapan Teori Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Mengambil Keputusan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 171–183. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/jtii.v4i2.3129

Wati, S. N. Q., & Utami, R. D. (2022). Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. Jurnal Basicedu, 6(3), 4539–4548. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871

Zuhriawan, M. Q., Khotimah, K., & Prameswari, L. (2024). Implementasi Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Calistung Peserta Didik. 5(1).

Additional Files

Published

2024-09-30