PENINGKATAN KECERDASAN FINANSIAL YANG MENDUKUNG JIWA ENTERPRENUERSHIP DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA TARUNA JAYA 2 SERPONG, TANGERANG

Authors

  • Emma Saur Nauli Sipayung Universitas Trisakti
  • Erliana Banjarnahor Universitas Trisakti
  • Richy Wijaya Universitas Trisakti
  • Muhammad Teguh Pratikno Universitas Trisakti
  • Verdian Hermawan Universitas Trisakti
  • Raisafira Astriani Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.43573

Keywords:

kecerdasan finansial, Enterprenuership, Panti Sosial

Abstract

Kecerdasan finansial merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami akan pentingnya suatu perencanaan dan penerapan pengelolaan keuangan yang baik, yang membuat nya mampu mewujudkan tujuan dan impiannya. Ada berbagai ukuran kecerdasan ini, antara lain tingkat penghasilan, kemampuan untuk menyisihkan penghasilan yang dialokasikan guna diinvestasikan, juga termasuk kemampuan melakukan pemilihan investasi yang akan memberikan penghasilan pasif yang besar. Penghasilan bisa diperoleh dari bekerja pada suatu instansi, bekerja di perusahaan swasta maupun dengan melakukan entrepreneurship atau kewirausahaan. Jika bekerja maka seseorang akan mendapat penghasilan tetap atau rutin sesuai kebijakan yang ada di tempat bekerja. Seseorang yang melakukan kegiatan entrepreneurship akan mendapatkan penghasilan yang tidak tetap. Pada saat omset naik, maka penghasilan akan meningkat, namun pada ssat omset turun, maka penghasilan akan turun juga, Hal ini sudah menjadi resiko bagi pihak yang melakukan entrepreneurship. Penghasilan yang tidak tetap membuat pihak pemilik usaha akan melakukan penyisihan atas jika tabungan sudah memadai, segaian dapat diinvestasikan, supaya memberikan imbal hasil yang lumayan. Imbal hasil ini menjadi penghasilan bagi pemilik investasi. Jika investasi semakin besar, maka diharapkan akan meningkatkan penghasilan dari investasi ini. Hasil kegiatan entrepreneurship berupa penghasilan bagi pemiliknya, yang kemudian disisihkan dan diinvestasikan, akan memberikan hasil yang tinggi jika diinvestasikan pada tempat yang bagus dan dengan tepat.

References

Kementerian Keuangan. (2022). Kecerdasan Finansial. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-madiun/baca-artikel/15029/Kecerdasan-Finansial.html#. Diakses pada 8 Juli 2022.

Margaretha, Farah, Peran Kecerdasan Finansial dalam Meningkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Rakyat Indonesia, http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/IMB/article/view/540/527.

https://www.antaranews.com/berita/474284/apa-itu-kecerdasan-finansial

Additional Files

Published

2024-09-30