PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENGUMPULAN DATA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MAN 2 KABUPATEN SERANG

Authors

  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang
  • Selly Septiani Universitas Pamulang
  • Andhika Syahida Ramadhan Universitas Pamulang
  • Sony Irawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.43611

Keywords:

Google Form, Pengumpulan, Data, Evaluasi, Pembelajaran

Abstract

Perkembangan media pembelajaran yang begitu pesat, dunia pendidikan senantiasa mengalami proses perubahan dan secara tidak langsung dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, permasalahan yang ada saat ini, masih banyaknya siswa bahkan guru di daerah desa mengumpulkan data serta evaluasi pembelajaran dengan kertas lembar dan dalam perekapan data membutuhkan waktu yang lama. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan kemajuan teknologi ini, dan kebutuhan data yang semain banyak serta untuk laporan dan evaluasi, maka pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memanfaatkan Google Form sebagai alat untuk media pengumpulan data dan evaluasi pembelajaran di sekolah MAN 2 Kabupaten Serang. Hasil dari pelatihan Google Form telah berhasil meningkatkan keterampilan digital peserta, khususnya dalam pembuatan, pengelolaan, dan analisis data menggunakan Google Form. Peserta memahami cara membuat berbagai jenis pertanyaan, mengatur tampilan form, dan menambahkan elemen interaktif dan dapat menyimpulkan data yang diperoleh. Dari kuesioner yang disampaikan, rata rata grafik peserta yang menjawab sangat puas terkait dengan point informasi kegiatan PkM 35%, point kedalaman materi pemanfaatan Google Form 56%, point menurut anda, bagaianakah narasumber meyampaikan materi 38%.

References

Eko Setia Budi, Abdul Rahman Kadafi, Eva Zuraidah, Chaerul Bachri, Ipin Sugiyarto, Fitriyani Pramitasari, Afika Kurnia Dewi, Ade Sutrisna, Mochammad Randika, Budi Setiyanto. (2021). JPM Jurnal Pegabdian Kepada Masyarakat, 99-102.

Unika Oktaviani Damau, Feliks Anggia Binsar Kristian Panjaitan. (2023). Reswara :Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4 No 2, 1133-1140.

Ani Oktarini Sari, S. M. (2023). Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Pengumpulan dan {engolahan Data Pada Kader PKK Kelurahan Ragunan Jakarta. Jurnal Aruna Mengabdi (ARMI) Vol1 No.1, 37-43.

Ariel Caturputra Kalew, A. N. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Model Delone & Mclean. Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI) , 129-134.

Defi Pujianto, K. (2019). Pemanfaatan Google Form Sebagai Sarana Peningkatan Layanan. JIK Vol 10 No.02, 51-60.

Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMK Negeri 2 Ketapang. Swadesi Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 14-24.

Kolaka, E. P. (2023). Rahmat Risyawal M, Abd. Haris Nasution, Muhammad Asra. Jurnal Kolaboratif Sains (JKS), 1087-1093.

Nur Aisyah, K. (2023). Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Selama Pandemi Di MIS Al-Hanafiyah. Autentik Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar Vol.07 No 02, 88-94.

Wulan Dari, E. P. (2023). Pemanfaatan Google Form untuk Pelaporan Kegiatan bagi Organisasi Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 103-108.

Zulmedia, S. (2021). Evaluasi Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Peminjaman dan Pengembalian dalam Pengelolaan Laboratorium Keperawatan Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Sains Dan Teknologi, 40-46.

Additional Files

Published

2024-09-30