In House Training Pembelajaran Differensiasi Kurikulum Merdeka Di SD Taruna Bangsa-Depok

Authors

  • Lili Nurlaili Universitas Pamulang
  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang
  • Imas Masriah Universitas Pamulang

Keywords:

In house training, Pembelajaran differensiasi, Kurikulum merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan sangatlah penting karena pendidikan merupakan investasi yang utama dan unggulan dalam peradaban suatu negara. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu meningkatkan kompetensi dosen di bidang pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya upaya meningkatkan kualitas pendidikan termasuk dalam upaya pengelolaan metode pembelajaran differensiasi, memberikan pemahaman tentang pelaksanaan kurikulum merdeka serta seluruh perangkatnya, mulai dari pembelajaran, sampai dengan penilaiannya, mempresentasikan hasil diskusi kelompok berkaitan dengan   kurikulum Merdeka dengan menggunakan berbagai metode pembelajaranMetode yang digunakan pada kegiatan ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry yaitu pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kreatif kritis dan analitis terkait Kurikulum Merdeka. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat dapat memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan dan  pemahaman terhadap kurikulum merdeka serta perangkat yang harus dipahami secara mendalam oleh guru dan tenaga pendidikan di SD Taruna Bangsa.

References

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Diakses dari artikel internet http://dikti.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-KampusMerdeka-2020

Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakarya

Agung, Iskandar. 2017. “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”. Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan: 31 (2).

Anshori. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah”. Jurnal. Islamic Education: 1 (2).

Anonim. 2014. Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013. https://filekemendikbud.files.wordpress.com/2014/08/1-pembelajaransaintifik.pptx . Diakses pada 18 November 2016.

Anonim. 2013. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. http://pendidikan.probolinggokab.go.id/penerapan-penilaian-autentikdalam-kurikulum-2013/ . Diakses pada 12 Agustus 2017.

Adit, A. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdekabelajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Agustina, D., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa Smp Pada Hukum Pascal. VI, SNF2017-EER-35-SNF2017-EER-40. https://doi.org/10.21009/03.snf2017.01.eer.06

Agustina, D., Kaniawati, I., Suwarma, I. R., Sari, K., Ahmad Dahlan, Adit, A., Seftia, I., Widiyanti, R., Mizan, S., Arikunto, S., Hadi, S., Prasetyo, I., Sugiyono, Mohammad Yazdi, Mahnun, N., Muhson, A., Sanderson, P., Rosenberg, M., Hamonangan, T., … Sugiyono. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(02)00082-9

Ahmad Dahlan. (2017). Pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Eureka Pendidikan. https://www.eurekapendidikan.com/2017/03/pembelajaran-berbasis-scienceTechnology-Engineering-Mathematics-STEM.html

Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakarya

Agung, Iskandar. (2017). “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”. Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan: 31 (2).

Anonim. (2014). Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013. https://filekemendikbud.files.wordpress.com/2014/08/1- pembelajaransaintifik.pptx . Diakses pada 18 November 2016.

Anonim. (2013). Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. http://pendidikan.probolinggokab.go.id/penerapan-penilaian- autentikdalam-kurikulum-2013/ . Diakses pada 12 Agustus 2017.Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bansu, Ikhlima Yaumil Putri (2017), Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Wonomulyo Provinsi Sulawesi Barat. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek.

Efendhi, E. S., & Susilowibowo, J. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/viewFile/9434/933 0

Kasmawanti (2017), Analisis keefektivan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. https://ojs.unm.ac.id/JEST/indexHuda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3431

Syamsidah, & Hamidah, S. (2018). Buku Model Problem Based Learning. In Deepublish. Penerbit Deepublish. 38 https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=y bgYAugAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=ybgYAugAAAAJ:hFOr 9nPyWt4C

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, nomor 20 tahun 2003 https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Additional Files

Published

2024-09-30