Peningkatan Motivasi Dan Minat Pembelajar Berbasis Kompetensi Digital Pada Era Milenial Pada Santri Di Pondok Pesantren Yatim Al-Hanif Ciputat Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Indra Januar Rukmana Universitas Pamulang
  • Syawaludin Universitas Pamulang
  • Shela Indah Savitri Universitas Pamulang

Keywords:

E-learning, Pondok Pesantren, Motivasi Digital

Abstract

Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan saat ini dalam pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi melalui pembelajaran e-learning, diperlukan solusi dan pendekatan yang tepat agar permasalah yang dihadapi dapat segera teratasi antar lain dengan m emberikan pelatihan, pendampingan dan uji hasil pembuatan media pembelajaran digital yang inovatif menggunakan software zoom meeting, google meet serta pembelajaran menggunakan aplikasi media digital seperti canva, quizziz dan kahoot. Luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM ini adalah mitra mampu melakukan instalasi dan konfigurasi e-learning berbasis open source, mempu membuat media pembelajaran digital yang inovatif, mampu menggunakan media pembelajaran digital yang inovatif, mampu melakukan pembelajaran e-learing, Sekolah menerapkan sistem pembelajaran e- learning untuk mewujudkan Pondok Pesantren Berbasis ITC (information and communication tecnology). Dengan memberikan Pendampingan/Pembinaan ntuk mengimplementasikan hasil pelatihan dan workshop, serta Evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan yang telah dilaksanakan, meliputi evaluasi proses, akhir, dan evaluasi tindak lanjut dan diharapkan kedepannya bisa diterapkan secara berkala.

References

Abbas, M. H. I., Sumarsono, H., Satrio, Y. D., & Priambodo, M. P. (2019). SANTRIPRENEUR: Program Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Santri Pondok Pesantren melalu Pelatihan Sablon Digital. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 274-82.

Adha, R., Permatasari, N. T., & Mudzakkir, M. (2024). Pelatihan Digital Marketing, Penerapan Digital Marketing Pada Pemasaran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 65-69.

Astari, M. R., Saifullah, R., Rosmawati, S., & Siregar, M. U. (2022). Workshop Pentingnya Wawasan Digitalisasi Bagi Santri Pondok Pesantren Santi Aji. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 6(1), 21-26.

Dirawan, G. D., Andayani, D. D., & Pertiwi, N. (2023). Peningkatan Literasi Digital pada Santri Pesantren Syeh Hasan Yamani memanfaatkan Aplikasi Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 366-371.

Fahrudin, E., Subariah, R., & Nurhidayatuloh, N. (2024). Pentingnya Memahami Cyber Security di Era Transformasi Digital pada Pesantren Daar El Manshur Depok. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25-28.

Geraldina, I., Andriyansah, A., Safitri, J., Auliq, M. A., & Nugraha, A. Y. (2023). IMPLEMENTASI MODEL BISNIS PESANTREN BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE CANVAS. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 98-103.

Maulana, M. R., Mufidah, N., Fitri, N. D., Ramadhan, R. B., Isa, R. A. W. Y., Hapitulung, S., & Sa'adah, T. (2023). PENGENALAN DAN PEMAHAMAN TENTANG CYBER SECURITY DI PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN III. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 265-270.

Monica, A. M., Setiawan, M. S., & Anindita, C. (2021). Meningkatkan Kompetensi Sistem Informasi di Era Digital Pada Pondok Pesantren Yatim Al-Hanif Ciputat, Tangerang Selatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 15-22.

Ratnawati, R., & Sulastri, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter dalam Pembelajaran Literasi Bahasa Inggris Berbasis Digital bagi Siswa MA Pesantren Mizanul Ulum. Madaniya, 4(4), 1808-1814.

Senoprabowo, A., Muqoddas, A., & Hasyim, N. (2019). Desain grafis untuk meningkatkan nilai kaligrafi pada santri dan pengurus Pondok Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 211-221

Additional Files

Published

2024-09-30