Menelusuri Literatur Akademik Secara Online Dengan Cepat dan Tepat (Peningkatan Kemampuan Penelusuran Literatur Akademik Secara Online Bagi Mahasiswa OMK Paroki Kristus Terang Dunia Waena)

Authors

  • Avelinus Lefaan Universitas Cenderawasih Papua
  • Ferry Rhendra Pananda Putra Sitorus Universitas Cenderawasih Papua
  • Erikius Sumule Universitas Cenderawasih Papua
  • Imelda Welmina Morin Universitas Cenderawasih Papua

Keywords:

Literatur akademik, OMK, online, pelatihan, penelusuran

Abstract

Sebagian mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam komunitas Orang Muda Khatolik (OMK) Paroki Kristus Terang Dunia Waena (KTDW) masih menggunakan literatur buku klasik dalam membuat tugas perkuliahan. Pemenuhan tugas ini harusnya dapat menggunakan literatur akademik secara online. Terdapat sejumlah keuntungan yang didapatkan dengan menelusuri literatur secara online ini. Penggunaan literatur akademik secara online harus juga disertai pengetahuan dan keterampilan dalam mencari dan menelusuri topik dan informasi yang diinginkan. Pengetahuan dan keterampilan inilah yang menjadi kendala dan sekaligus kebutuhan bagi mahasiswa ini yang diupayakan solusinya melalui pelatihan. Kegiatan pelatihan ini diikuti 20 peserta. Bahan ajarnya antara lain dasar penelusuran literatur, manfaat penelusuran literatur, serta teknik dalam penelusuran literatur akademik secara online. Para peserta ini juga dilatih dalam penelusuran literatur akademik secara online, diberikan penugasan serta dilatih teknik-teknik penelusuran literatur akademik secara online. Kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui empat bagian. Lokasi kegiatan di UPT Pusat Komputer Universitas Cenderawasih Papua. Dengan mengikuti kegiatan pelatihan penelusuran literatur akademik secara online ini para mahasiswa peserta kegiatan yang tergabung dalam OMK pada Paroki KTDW ini telah mendapatkan peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menelusuri literatur akademik yang diinginkan secara online.

References

Baiq Yuni Wahyuningsih, Riris Sugianto, R. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 21–33.

Fatmawati, E. (2014). Meningkatkan budaya akademik melalui pemanfaatan e-resources. News.Ge. http://eprints.undip.ac.id/64902/

Sitorus, F. R. P. P., & Padwa, A. A. M. (2020). KEMAMPUAN PENGENALAN DASAR-DASAR KOMPUTER SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI PENDIDIKAN DI KOTA JAYAPURA PROPINSI PAPUA. Jurnal Pengabdian Papua, 4(2), 48–53. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JP/article/view/1266/1034

Additional Files

Published

2024-09-30