Inovasi Sumber Daya Manusia Dalam Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis Di Era Digital Pada UKM Di Desa Sasahan

Authors

  • Harry Triana Universitas Pamulang
  • Sela Novitasari Universitas Pamulang
  • Moch Alif Hidayatullah Universitas Pamulang
  • Almeida Dwi Syakira Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.43758

Keywords:

inovasi sumber daya manusia, pemasaran, daya saing bisnis

Abstract

Kegiatan ini menjelajahi signifikansi inovasi sumber daya manusia dalam pemasaran untuk meningkatkan daya saing bisnis di era digital, dengan fokus khusus pada usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Sasahan. Dengan kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya digitalisasi pasar, UKM dihadapkan pada tantangan untuk tetap bersaing di era digital. Melalui analisis kualitatif dan studi kasus, penelitian ini menyelidiki peran inovasi sumber daya manusia, terutama dalam bidang pemanfaatan teknologi digital dan pengembangan keterampilan komunikasi, dalam memberdayakan UKM untuk berkembang di era digital. Temuan penelitian menekankan pentingnya memberi UKM keterampilan digital dan kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk memasarkan produk dan layanan mereka secara efektif, menjangkau basis pelanggan yang lebih luas, dan pada akhirnya meningkatkan daya saing mereka di pasar digital.

References

Achidat. (2022). Peran Organisasi Dalam Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Cibinong Gn. Sindur Bogor (Studi Kasus : CV Kreasi Mandiri). Achidat Rachmadanu, Addienna Eka Rizki Mulyawati, Dicki Fernando, Tamil Arif, 61-68.

Ali Huzaifi, F. H. (2022). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan Kinerja Pada UMKM Griya Cendekia Di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. JIMAWAbdi Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 1-14.

Angga Pramadjaya, I. R. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pada Sekolah SMAS Daarurrahman Walantaka. Prosiding Senantias : Seminar Nasional Hasil Penelitian dan PkM, 438-445.

Anggraeny Puspaningtyas, A. H. (2020). PKM Pengembangan Sumberdaya Manusia Untuk Pemasaran Online Usaha Kevil Menengah "Kedurus Sejahtera" Surabaya. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 14-17.

Anita Wulandari, R. D. (2023). Optimalisasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendampingan Pada UMKM di Kelurahan Karangtengah. JIPM : Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 105-111.

Fahmi Susanti, V. H. (2021). Meningkatkan SDM Yang Kreatif dan Produktif Dalam Memasarkan Produk Dengan Modal Seminim Mungkin.

JIMAWAbdi Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 82-85.

Lulu Ulfa Sholihannisa, H. M. (2021). Peningkatan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kursi Bambu Desa Ciranjang. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 137-145.

Moh. Kurdi, D. A. (2024). Pendampingan UMKM : Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi di Era Digital Pada UMKM Bintang Emas di Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep. Dinamika Sosial : Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Transformasi Kesejahteraan, 31-39.

Sovania, E. (2022). Strategi Inovasi Dalam Mempertahankan Eksistensi Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19. JAIM UNIK, 1-11.

Yulia Segarwati, C. A. (2020). Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 45-52.

Additional Files

Published

2024-09-30