Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kuliner Dalam Menunjang Pertumbuhan Keuangan Ekonomi Keluarga Para Pedagang UMKM Tandon Ciater
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44223Keywords:
Ekonomi Kreatif, Kuliner, UMKM, Tandon Ciater, InovasiAbstract
Ekonomi kreatif, khususnya subsektor kuliner, telah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian, termasuk di wilayah Tandon Ciater, Tangerang Selatan. Namun, persaingan yang semakin ketat, terutama pasca pandemi COVID-19, menuntut para pelaku UMKM kuliner untuk terus berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan tantangan yang dihadapi para pedagang UMKM kuliner di Tandon Ciater dalam mengembangkan ekonomi kreatif mereka. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa para pelaku UMKM kuliner di Tandon Ciater telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing mereka. Beberapa di antaranya adalah dengan mengembangkan produk baru, memanfaatkan platform digital untuk pemasaran, serta menjalin kerjasama dengan pihak lain.
References
Asad. (2017). Model Srategi Pengembangan Wirausaha & Ekonomi Kreatif di Tingkat Kota
(Pemetaan per Kecamatan). Riset Fundamental Unpad, 10(1), 46–59.
Bramasta, D. B. (2020). Update Corona di Dunia 20 Januari: 96 Juta Kasus | Program Vaksinasi
Covid-19 di Palestina dengan Sputnik | 400.000 Kematian di AS. Kompas.
Darmawansyah. (2013). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Rawat Inap Peserta
Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit Elim Rantepao Tahun 2013. JESP, 7(1).
Dunia, B. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama LPPI
Dengan Bank Indonesia.
Ernt, & Young. (2015). No Title. Opus Creative Economy Outlook.
Howkins. (2011). No Title. Equilibrium, 6(2), 121–131
Jufra, A. A. (2020). Studi Pemulihan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub-Sektor Kuliner
Pasca Pandemi (COVID-19) dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi
Sulawesi Tenggara. Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 9(2), 116–131.
Klaudia, S., Riwayanti, D. R., & Aminatunnisa. (2017). Menggali Realitas Kepatuhan Wajib Pajak
Pemilik UMKM. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi, 2(1), 49–64.
Kreatif, B. E. (2019). Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2019.
Muis, A. R. C. (2019). Sustainable Competitive Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia dalam
Dinamika Perdagangan Internasional. Deepublish Publisher.
Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di
Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.
Purnomo. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia.
http://www.nulisbuku.com/.%0Ahttp://www.nulisbuku.com/
Sugiarto, E. C. (2018). Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia.
https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_kreatif_masa_depan_%0D
Susilowati. (2020). Impact of Covid-19’s Pandemi on The Economy of Indonesia. JBRM, 6(2),
23–32
Wulandari. (2016). Analisis Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia. UNS.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.