Manajemen Pemasaran Dan Pentingnya Sosial Media Untuk Peroduk UMKM Pondok Pesantren Assyifa Kec. Parung, Bogor

Authors

  • Nurul Amalia Universitas Pamulang
  • Sangkala Wiri Ghifari Universitas Pamulang
  • Kintan Putri Salsabiil Universitas Pamulang
  • Erwindo Universitas Pamulang
  • Kasmad Universitas Pamulang
  • Sewaka Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44226

Keywords:

UMKM, Sumber Daya Manusia, Pelatihan Manajeman Pemasaran, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengabdian masyarakat yang berjudul “Manajemen pemasaran dan pentingnya sosmed untuk produk UMKM dipondok assyifa parung, Bogor”. yang mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas  pemasaran  di  Usaha Mikro,  Kecil,  dan  Menengah  di  pondok pesantren assyifa parung Bogor. Yang dimana pengabdian masyarakat ini sangat penting karena UMKm memagang pern sentral dalam pertubuhan ekonomi. Namun sering kali menghadapi berbagai antangan seperti manajee pemasaran yang kurang efektif dan keterampilan produksi yang rendah. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan praktis tentang manajemen pemasaran yang efektif, dengan metode yang meliputi pendampingan langsung, ceramah, simulasi, dan diskusi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemasaran di UMKM, memberikan pemahaman tentang pengelolaan pemasaran yang baik, serta mempersiapkan mereka untuk rekrutmen karyawan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Melalui pendekatan ini, diharapkan peserta forum UMKM Pondok Pesantren Assyifa Kec. Parung, Bogor dapat lebih memahami dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

References

Ahmet, E. F. E. (2023). A Discussion on Problems and Solutions of Innovative Performance

Management in The Public Service and Goverment. Uluslararası Akademik Yönetim Bilimleri Dergisi,

9(13), 100–126.

Atmaja, Hanung Eka, and Shinta Ratnawati. “Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah.” Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) 2, no. 1 (October 9,

2018): 21–34. https://doi.org/10.31002/rn.v2i1

.818.

Becker, B., & Gerhart, B. (1996). The impact of human resource management on organizational performance: Progress and prospects. Academy of Management Journal, 39(4),

779–801.

Bhasin, H., & Sharma, R. (2018).

Competency mapping in action: A critical review. International Journal of Education and Management Studies, 8(2),

336–339.

Lubis, M. S., Siregar, S. H., & Samsir, S. (2019). Strategi peningkatan kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pencegahan kerusakan lingkungan hidup di Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Zona,

3(1), 18–25.

Misau, M. A. (2023). Revisiting the Concept of Human Resource Management. Global Academic Journal of Economics and Business, 5(03), 48–54.

Sawitri, Dyah. “Manajemen Strategi untuk Penguatan Ekonomi.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVII,

2013, 9.

Additional Files

Published

2024-09-30