Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair Berkelas Mama Lemon Di Kampung Jati, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan

Authors

  • Didik Iswadi Universitas Pamulang
  • Fais Jahlas Universitas Pamulang
  • Uswatun Khasanah Universitas Pamulang
  • Wisnu Wijaya Universitas Pamulang
  • Sayyidah Sofiyah Nada Universitas Pamulang
  • Dede Rumyati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44234

Keywords:

Sabun cuci piring cair, Penyuluhan, Pelatihan, Camperlan

Abstract

Sabun cuci piring termasuk kebutuhan sehari-hari baik dalam rumah tangga, industri, instalasi maupun pelayanan publik. Setiap insan manusia membutuhkan makanan dan minuman sehingga penggunaan alat makan selalu dibutuhkan setiap hari. Untuk membersihkan alat makan tersebut, kebanyakan membutuhkan sabun cuci piring salah satunya adalah sabun cuci piring cair. Aktivitas rumah tangga setiap harinya turut menyumbang dalam industri kecil ini karena sabun cuci piring cair merupakan kebutuhan yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan peluang usaha kepada masyarakat dengan cara pembuatan sabun cuci piring cair, mengetahui cara pembuatan sabun cuci piring cair yang mudah di masyarakat, memberikan pengetahuan kepada masyarakat cara pembuatan sabun cuci piring cair di Masyarakat. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan penyuluhan, penyadaran dan pelatihan. Aksi yang telah dilakukan dengan analisa, pemberian pelatihan, pemantauan dan evaluasi. Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Kimia Universitas Pamulang ini telah membantu memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat di Kampung Jati, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan mengenai pembuatan sabun cuci piring cair dan memberikan peluang usaha serta menumbuhkan jiwa mandiri dan jiwa wirausaha, juga memberikan nilai-nilai positif dalam mengembangkan kehidupan  yang maju dan sejahtera.

References

Chasani, M, Widyaningsih, S, & Ningsih, DR. 2018. Aplikasi Teknik Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair Guna Meningkatkan Ketrampilan Ibu Rumah Tangga Di Desa Padamara, Purbalingga. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VIII”. 14-15 November 2018. Purwokerto, Indonesia.

Pasir, S & Muh.Supwatul Hakim, MS. 2014. Penyuluhan Dan Praktik Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 3 September 2014. 155-158.

Amalia, R, Paramita, V, Kusumayanti, H, Wahyuningsih, Sembiring, M & Rani, DE. 2018. Produksi Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Peningkatkan Efektivitas Dan Peluang Wirausaha. Jurnal metana. Vol. 14 No. 1 Juni 2018. 15-18.

Sulistyaningsih, E, & Pakpahan, IP. 2020. Pembuatan Sabun Pencuci Piring Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu Pkk Dusun Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND. Vol. 3 No. 2 Oktober 2020.

Sari, D. F., Parnaadji, R. R., dan Sumono, A. 2013. Pengaruh Teknik Desinfeksi dengan Berbagai Macam Larutan Desinfektan pada Hasil Cetakan Alginat terhadap Stabilitas Dimensional. Jurnal Pustaka Kesehatan, 1(1).

Additional Files

Published

2024-09-30