Edukasi dan Aplikasi Stimulasi (Speach Delay) dan Kesehatan Anak Pada Kelompok Ibu dan Anak

Authors

  • Eli Lusiani Universitas Aisyiyah Bandung
  • Endah Yuliani Universitas Aisyiyah Bandung
  • Riandi Alvin Universitas Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44235

Keywords:

Pengmas, Edukasi, Stimulasi Perkebangan Anak

Abstract

Gangguan perkembangan bicara dan bahasa merupakan gangguan perkembangan yang sering ditemukan pada anak umur 3-16 tahun. Tujuan Program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman ibu tentang tahapan perkembangan anak dengan melakukan stimulus speech delay . Stimulasi speech delay merupakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah adanya anggapan bahwa keterlambatan bicara adalah hal biasa-biasa saja atau wajar, terlambatnya deteksi dini dan proses rehabilitatif dengan terapis wicara, pemahaman yang kurang tentang kapan dan bagaimana orangtua melakukan stimulasi terapi bicara . Selain itu  Sekolah Dasar ini belum pernah dimanfaatkan untuk wadah edukasi. Solusi yang kami berikan adalah pemberian edukasi tentang pengetahuan, informasi yang cukup dan kepekaan terhadap tahapan perkembangan anak juga mengajarkan artikulasi sederhana, mempraktikkan simulasi terapi bicara , dan membuat alat peraga “berupa buku sederhana mengenai tumbung kembang buah hati” dan modul yang mengacu pada Denver II dan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) juga 2 buah lagu anak -anak  . Program ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan informasi untuk Kelompok Ibu dan Anak sehingga dapat mempercepat proses stimulus anak yang mempunyai gangguan Speech Delay dan Perkembangan Kesehatan Lainnya.

References

Ara, G., Sanin, K. I., Khanam, M., Sarker, S. A., Khan, S. S., Rifat, M., … Ahmed, T. (2019). Study protocol to assess the impact of an integrated nutrition intervention on the growth and development of children under two in rural Bangladesh. BMC Public Health, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12889-019-7777-y

Ariani, I., Nafilah Lubis, R., Henrita Sari, S., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dn Konseling, 4, 12347–12354.

Celhay, P., Martinez, S., & Vidal, C. (2020). Measuring socioeconomic gaps in nutrition and early child development in Bolivia. International Journal for Equity in Health, 1, 1–25.

Christian, A. K., Atiglo, D. Y., Okyere, M. A., Jones, A. D., Obeng, A., & Grace, D. (2023). Women ’ s empowerment , children ’ s nutritional status , and the mediating role of household headship structure : Evidence from sub ‐ Saharan Africa. Maternal & Child Nutrition, (November 2022). https://doi.org/10.1111/mcn.13520

Connor, T. M. O., Mâsse, L. C., Tu, A. W., Watts, A. W., Hughes, S. O., Beauchamp, M. R., … Vaughn, A. (2017). Food parenting practices for 5 to 12 year old children : a concept map analysis of parenting and nutrition experts input. 1–17. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0572-1

Fazrin, I., Widiana, D., Trianti, I. R., Baba, K. J., Amalia, N. M., & Smaut, M. Y. (2018). Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri Journal of Community Engagement in Health. Journal of Community Engagement in Health, 1(2), 6–14. https://doi.org/10.30994/jceh.v1i2.8

Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 44. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).44-48

Hosokawa, R., & Katsura, T. (2017). RESEARCH ARTICLE A longitudinal study of socioeconomic status , family processes , and child adjustment from preschool until early elementary school : the role of social competence. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 1–28. https://doi.org/10.1186/s13034-017-0206-z

Kemenkes RI. (2019). Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi, dan intervensi tumbuh kembang anak. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Khaironi, M. (2020). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(2), 261–266.

Khan, A., Din, M. U., Ullah, R., Khan, U. N., Aziz, T., & Ahmad, M. (2023). Academic performance of children in relation to gender , parenting styles , and socioeconomic status : What attributes are important. PloS One, 1–30. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0286823

Li, S., Nor, N. M., & Kaliappan, S. R. (2023). SSM - Population Health Long-term effects of child nutritional status on the accumulation of health human capital. SSM - Population Health, 24(October). https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2023.101533

Miyati, D. S., Elok, U., Rasamani, E., Fitrianingtyas, A., Guru, P., Anak, P., … Maret, U. S. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3).

Ningsih, R. W., Farida, N., & Shalihat, H. M. (2022). Pemantauan Perkembangan Fisik Motorik Anak Prasekolah Melalui Kegiatan Senam Sehat Ceria Di Panti Asuhan Al-Marhamah Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3, 166–173.

Rahardjo, M. M., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( Early Developmental Screening ) Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( Early Developmental Screening). January 2018.

Rokhanawati, D., Salimo, H., Andayani, T. R., & Hakimi, M. (2023). The Effect of Parenting Peer Education Interventions for Young Mothers on the Growth and Development of Children under Five. 1–15.

Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E. (2021). MEDIA GEOBOARD PADA KELOMPOK B. JUurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394–399.

Syofiah, P. N., Machmud, R., & Yantri, E. (2020). Analisis Pelaksanaan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 151–156. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1133

Veronica, N. (2018). Permaianan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 49–55.

Yanuarini, T. A. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Dalam Upaya Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (Sdidtk) Di Puskesmas Wonorejo Kabupaten Kediri. Jurnal Idaman, 3(2), 115–119.

Zsakai, A., Annar, D., Koronczai, B., Molnar, K., Varro, P., Toth, E., … Varnai, D. (2023). OPEN A new monitoring system for nutritional status assessment in children at home. Scientific Reports, 1–7. https://doi.org/10.1038/s41598-023-30998-x

Additional Files

Published

2024-09-30