Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) Dalam Penanganan Kebakaran Di SMA X Balikpapan

Authors

  • Mayati Isabella Institut Teknologi Kalimantan
  • Anis Rohmana Malik Institut Teknologi Kalimantan
  • Randy Febrian Institut Teknologi Kalimantan
  • Reza Atilansyah Institut Teknologi Kalimantan
  • Widya Sari Ananda Institut Teknologi Kalimantan
  • Putri Maharani Institut Teknologi Kalimantan
  • Ilham Nurul Hikmah Institut Teknologi Kalimantan
  • Vanesa Vanes Institut Teknologi Kalimantan
  • Nanda Dwi Cahyani Institut Teknologi Kalimantan
  • Andi Alif Hasanudin Institut Teknologi Kalimantan
  • Ridho Mufrih Jazil Institut Teknologi Kalimantan
  • Adiek Astika Clara Sudarni Institut Teknologi Kalimantan
  • Novita Lizza Anggraini Institut Teknologi Kalimantan
  • Tri Hardiyanti Asmaningrum Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44353

Keywords:

APAR, Kebakaran, Pengetahuan, Sekolah, Simulasi

Abstract

Kebakaran adalah suatu fenomena yang terjadi ketika suatu bahan mencapai temperatur kritis dan bereaksi secara kimia dengan oksigen yang menghasilkan panas, nyala api, cahaya, asap, uap air, karbon monoksida atau produk dan efek lainnya. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan kebakaran, beberapa diantaranya adalah korsleting listrik, bahan - bahan kimia mudah terbakar yang tidak diolah dengan baik, kelalaian manusia (human error) dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sekolah bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap aman, dan terhindar dari bencana - bencana yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Oleh karena itu, pihak sekolah juga wajib memiliki tenaga profesional yang paham dan kompeten di bidang K3. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan terhadap siswa dan siswi SMA di Kota Balikpapan agar mereka lebih peduli terhadap K3 di lingkungan sekolahnya masing-masing. Simulasi ini dilaksanakan sebagai pengetahuan tambahan detail dan juga sebagai informasi bagi siswa sekolah untuk mengetahui dan memahami mengenai peraturan dalam penerapan K3 di sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan simulasi penggunaan APAR terhadap siswa dan siswi di SMA X Balikpapan.

References

Afifah, M., & Suparman, M. P. (2017). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bengkel Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil (JEPTS), 5(4), 37.

Boy, W., Herman, H., Irawan, B. B., Mazni, D. I., Vitri, G., Zayu, W. P., ... & Hanif, H. (2024). Sosialisasi Penerapan Peraturan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Pada Siswa SMA di Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 2(2), 137-142.

Mubarak, H., Ningrum, P., Toyeb, M., Setiawan, D., Lestari, S. S., & Putri, R. N. (2023). Sosialisasi Cara Penggunaan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) Sebagai Bagian Dari Edukasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). JDISTIRA-Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 3(1), 55-69.

Romas, A. N., & Kumala, C. M. (2024). SOSIALISASI CARA PENGGUNAAN ALAT PEMADAM API RINGAN DI SMK NU AL HIDAYAH KUDUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3060-3064.

Sayuti, M., Hasibuan, A., Baidhawi, B., Siregar, W. V., Mariyudi, M., Puspasari, C., ... & Al Farizi, R. (2022). Pelatihan simulasi tanggap darurat kebakaran di SMA Lhokseumawe dan Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(3), 172-175.

Suryani, E., Wari, W. N., & Hardiyanti, S. A. (2019). Edukasi Dan Pelatihan Simulasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Bagi Santri di Banyuwangi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 132-138.

Additional Files

Published

2024-09-30