Penyuluhan Aplikasi Pencatatan Nafsiyah Siswa Berbasis Android Di SMA Bina Insan Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44369Keywords:
Aplikasi, Pencatatan Nafsiyah, AndroidAbstract
Pendidikan di era digital memerlukan inovasi teknologi yang dapat mendukung proses belajar mengajar serta pemantauan kondisi emosional dan psikologis siswa secara efektif. Pencatatan kondisi nafisiyah (psikologis) siswa sangat penting untuk membantu guru bimbingan konseling dan tenaga pengajar dalam memantau serta memberikan intervensi yang tepat jika ditemukan masalah psikologis pada siswa. SMA Bina Insan Mandiri, sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen pada pengembangan potensi siswa secara holistik, memerlukan solusi praktis dan efisien dalam hal pencatatan dan pemantauan kondisi psikologis siswa. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan penyuluhan dan pelatihan aplikasi pencatatan nafisiyah berbasis Android kepada tenaga pengajar dan staf bimbingan konseling di SMA Bina Insan Mandiri. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah proses pencatatan kondisi psikologis siswa secara real-time serta menyimpan data yang dapat diakses kapan saja oleh pihak yang berkepentingan.
References
Rahman, Dedi. "Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Pemantauan Psikologis Siswa." Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 10(2), 55-67. http://jurnalteknologi.unesa.ac.id/index.php/jtip/article/view/2345.
Suryani, Rina. "Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Pencatatan Data Psikologis Siswa." Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 88-99. https://jurnalteknologiuns.ac.id/index.php/jpti/article/view/6789.
Mulyadi, Andi. "Aplikasi Berbasis Android dalam Pengembangan Sistem Pencatatan Perilaku Siswa." Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 12(3), 123-135. http://jurnalpendidikanteknologi.ui.ac.id/index.php/jpti/article/view/4567.
Fitriani, Nuraida. "Penggunaan Aplikasi Berbasis Android dalam Monitoring Kesehatan Mental Siswa." Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(4), 45-58. http://jurnalpsikologi.ui.ac.id/index.php/jpp/article/view/3456.
Hasanah, Sri. "Pengaruh Teknologi Informasi dalam Pencatatan Nafsiyah Siswa di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 9(1), 67-80. https://jurnalpendidikanislam.uii.ac.id/index.php/jpit/article/view/5678.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.