Membentuk Generasi Religius Melalui Pelatihan Seni Hadrah Al Banjari dan Pembacaan Sholawat Maulid Diba’

Authors

  • Hasmi Nur Bayhaqi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Iszanul Dani Nurdiansah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mochammad Hasan Sidqi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Amir Bandar Abdul Majid Universitas Sunan Giri Surabaya
  • M. Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ahmad Juaini Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Haniyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Bashor Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Wakid Evendi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rafadi Khan Khayru Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.44404

Keywords:

Hadrah Al-Banjari, Generasi Religius, Majelis Sholawat, Maulid Diba’

Abstract

Kemerosotan moral, penurunan jati diri bangsa dan hilangnya nilai-nilai luhur di kalangan pemuda merupakan tantangan yang mendesak. Pola pikir, sikap, dan perilaku generasi muda sangat dipengaruhi oleh arus informasi global yang didominasi oleh budaya asing. Generasi muda, sebagai penerus bangsa, sering kali terpapar pada berbagai pengaruh negatif yang dapat mengikis akhlak dan karakter religius mereka. Maka, usaha untuk peningkatan karakter religius pada anak usia muda yang menjadi generasi penerus sangat penting dilakukan. Seni al-banjari atau dikenal juga dengan sebutan habsyi merupakan salah satu seni tradisi Islam. Kesenian al-banjari ini meliputi lantunan syair, nasyid, dan pembacaan sholawat-sholawat kepada nabi disertai bunyi gendang atau rebana yang terdengar. Puisi dalam seni al-banjari memuat sholawat atau ucapan syukur yang ditujukan kepada nabi Muhammad SAW. Kesenian al-banjari biasanya ditampilkan pada saat hari raya Islam, antara lain tabligh akbar dan peringatan maulid nabi. Pelaksana melihat adanya potensi yang dimiliki santri, masyarakat, anak-anak dan remaja di sekitar dalam majelis dan pelatihan hadrah. Santri yang tergolong masih dalam jenjang sekolah dasar terlihat antusias untuk bermain banjari. Oleh karena itu, mereka perlu dibimbing agar meningkatkan seni religius, cinta pada Rosulullah serta bisa bermain banjari dengan benar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.

References

Abdullah, M. Y. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Cinta Rasul melalui Seni Hadrah di Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN).

Al Mursyidi, B. M. & D. Darmawan. (2023). The Influence of Academic Success of Islamic Religious Education and Social Media Involvement on Student Morality. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 17(2), 321–331.

Alam, L. 2016. Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101-119.

Anggraini, R., A. Ashlihah, & A. Muhibuddin. 2021. Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Ribath Sabilul Huda Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-42.

Badriyah, L., M. Masfufah, S. K. Rodiyah, A. Chasanah, & M. A. Abdillah. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(02), 65–83.

Bayhaqi, H. N., & L. Badriyah (2024). Efikasi Diri dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Siswa MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. ISLAMIKA, 6(3), 1165-1180.

Bayhaqi, H. N., M. Ilham, & L. Badriyah. (2024). Kompetensi Guru PAI dalam Kurikulum Merdeka di Era Digital. PANDAWA, 6(3), 128-136.

Bayhaqi, H. N., & E. Masnawati. (2024). Pendidikan Akhlak dalam Konsep Tazkiyatun Nafs Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Degradasi Moral Generasi Muda. ALSYS, 4(4), 434-449.

Bariqi, M. D. 2018. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69.

El-Yunusi, M. Y. M., M. B. Alam, & N. A. Rodliyah. (2023). Hakikat Nilai Dasar Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peradaban Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 173–191.

El-Yunusi, M. Y. M., S. Z. K. Nisa, & A. Nadiroh. (2023). Ilmu Pendidikan Islam Sebagai Bentuk Kajian Masyarakat Milenial. Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 202–219.

Faizah, M., S. B. Qoirot, & M. Nasirudin. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-41.

Faruq, A., & Yusuf, H. (2022). Pelatihan Seni Islami Al-Banjari Santri Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01, pp. 93-96).

Handoko, T. H. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPEF, Yogyakarta.

Hariani, M. & A.R. Putra. (2024). Peningkatan Prestasi Siswa Berdasarkan Kompetensi Guru dan Lingkungan Sekolah, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 29 – 40.

Hardyansah, R. et al. 2023. Kegiatan Bakti Sosial untuk Membantu Ekonomi Lansia di Desa Bangsri, Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 47 – 54.

Hariyadi, A., J. Jenuri, D. Darmawan, D. M. Suwarma, & S. A. Pramono. (2023). Building of the Pancasila Character with Religious Harmony in the Globalization Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2126–2133.

Karmela, S. H., & Yanto, F. 2021. Pengenalan Seni Musik Tradisional Melayu Jambi Kompangan dan Hadrah Untuk Menumbuhkan Kepedulian Budaya Lokal. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 66–77.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2024. Al-Qur’an & Terjemah.

Kholisotin, L., & Minarsih. 2018. Implementation of Religious Extracurricular at Palangka Raya Vocational High School 1. Anterior Jurnal, 18(1), 71–78.

Lestari, M. P., M. Huda, M. Farid, W. Evendi, D. Darmawan, M. Zakki, & A. Atmari. (2023). Kesejahteraan Spiritual dalam Majelis Shalawat Di Masjid Nurul Aghfar Desa Pekarungan Kecamatan Sukodono. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 27–32.

Lisdiana, Z. 2014. Sejarah perkembangan seni musik Al-Banjari" Annababa" tahun 2000-2012 dan nilai pendidikan bagi masyarakat Desa Menganto, Mojowarno, Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

M. S. I. Waqfin, M. K. Roziqin, E. Lilawati, K. Nisa, N. Qosim, & W. Wahyudi. 2021. Pelatihan Banjari Peningkatan Seni Religius bagi Generasai Muda melalui Pelatihan Banjari di Desa Kepuhdoko Tembelang Jombang: Seni Religius Banjari. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 127-131.

Mardikaningsih, R. (2024). Studi Tentang Pengalaman Mahasiswa: Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dan Keterlibatan Mahasiswa, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1 – 14.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2024). Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Dukungan Orang Tua dan Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15 – 28.

Nuraini, R., S. N. Halizah, W. Wulandari, E. Retnowati, J. Jahroni, D. Darmawan, S. Arifin. (2024). Upaya Membentuk Kepribadian Unggul Peserta Didik Melalui Pendidikan Al-Qur'an, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 57 – 64.

Nuraini, R. et al. (2023). Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Kedung Jumputrejo Kecamatan Sukodono Sidoarjo, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 13 – 20.

Mukminun, H. A., & R. Widyaningrum, 2021. Pembelajaran Kesenian Hadroh Al-Banjari; Spirit Untuk Meningkatkan Kegiatan Rutinan Grup Sholawat Pemuda Karang Taruna Dsn. Mbureng Ds. Jambon Kec. Jambon Kab. Ponorogo. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 469-479.

Ni’mah, S. M., & Amaliati, S. (2021). Upaya Internalisasi Nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan Banjari Ranting IPNU IPPNU Gresik. An-Nafah Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 54–61.

Ni'mah, I. L. (2021). Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurkholis, A., & Septiadi, M. A. (2021). Urgensi Seni Budaya Islam bagi Remaja di Dusun 01, Desa Bukit Peninjauan II. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(56), 88–97.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.

Rojak, J. A. (2024). Upaya Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 41 – 56.

Setiyanti, T., N. Nurussaniyah, D. Darmawan, R. Mardikaningsih, R. Shofiyah, N. U. A. Machfud, & N. D. Aliyah. (2023). Keterlibatan Mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya dalam Kegiatan Peningkatan Nilai Spiritual pada Pengajian Rutin di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 27-34.

Subaidi, S., M. Mardiyah, & M. Y. M. El-Yunus. (2022). Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam Abu Hamid Al-Ghazali dan Muhammad Abduh tentang Moral Peserta Didik. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 01–23.

Sulaikho, S., R. D. Rahmawati, I. Istikomah, & I. Kholilah. 2020. Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7

Wargadinata, W. 2010. Spiritualitas salawat: kajian sosio-sastra Nabi Muhammad SAW. UIN-Maliki Press, Malang.

Wibowo, D. 2021. Berselawat Dengan Musik: Analisis Sama’ Al-Ghazali Dalam Majelis Hadrah Ishari. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(1), 38-51.

Wulandari, W., R. Nuraini, S. N. Halizah, E. Masnawati, & R. Mardikaningsih. (2023). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 13-18.

Additional Files

Published

2024-09-30