Pelatihan Membaca Buku Teks Multimoda Bagi Guru Penggerak Di Wilayah Bali

Authors

  • Isti Gandana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ernie D. Ayu Imperiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ayu Kusumaningrum Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Hermawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riesky Universitas Pendidikan Indonesia
  • Susi S Rakhmawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.44862

Keywords:

buku teks bahasa Inggris, moda verbal, moda visual, teks multimoda

Abstract

Kehadiran buku teks multimoda merupakan suatu keniscayaan dalam proses belajar mengajar saat ini. Oleh karena itu, kemahiran guru dalam menguasai pembacaan terhadap buku teks tersebut menjadi sangat vital demi mengoptimalkan pengajaran dan pembelajaran di kelas. Pengetahuan dan keterampilan inilah yang dibangun dan dilatih bagi dua puluh guru penggerak, yang merupakan guru bahasa Inggris pada jenjang Sekolah Menengah Pertama, di wilayah Bali. Untuk mengidentifikasi pengetahuan dan pemahaman guru-guru terhadap konsep teks multimoda digunakan kuesioner sebelum pelatihan dimulai dan dilakukan evaluasi, dalam bentuk tes, setelah kegiatan berakhir. Moda pelatihan PkM ini bersifat hibrida, yang menggabungkan pelatihan tatap muka kepada para guru di awal pertemuan, dan diikuti oleh serangkain pelatihan tatap maya, serta diakhiri dengan penugasan yang bersifat project-based. Dengan adanya pelatihan yang diberikan, diharapkan guru penggerak di wilayah Bali dapat memaknai teks multimoda dengan benar dan mengajarkannya dengan menarik kepada para siswa.

References

BPS. (2019). [OPINI] Memaksa Warga NTT Berbahasa Inggris? - Berita. Bps.go.id; Badan Pusat Statistik Kota Kupang. https://kupangkota.beta.bps.go.id/id/news/2019/02/27/14/-opini-memaksa-warga-ntt-berbahasa-inggris-.html

Deng, W., & Wang, L. (2021). Research on English Teaching Based on Multimedia-assisted Teaching. 2021 2nd International Conference on Computers, Information Processing and Advanced Education. https://doi.org/10.1145/3456887.3457524

English First, E. (2018). EF EPI 2018 – Indonesia. Ef.co.id. https://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/

Firmansyah, M. B. (2021). The Effectiveness of Multimodal Approaches In Learning. Edutec: Journal of Education and Technology, 4(3). https://www.researchgate.net/publication/350365871_The_Effectiveness_Of_Multimodal_Approaches_In_Learning

I Made Sujana, Yetti, L., None Huraiyah, Luh Sri Narasintawati, None Nurwachidah, & Sri Aliyah. (2022). Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS)*): Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 14 Mataram melalui Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 54–63. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2371

Julinar Julinar. (2019). Teachers’ Perception towards the Use of Multimodality in Teaching Reading. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.286

Juniarta, P. A. K. (2017). ICT literacy for English teachers in Nusa Penida District, Bali. Widya Laksana, 6(2). https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.11460

Kessler, M. (2022). Multimodality. ELT Journal, 76(4). https://doi.org/10.1093/elt/ccac028

Papadopoulou, M., Goria, S., Manoli, P., & Pagkourelia, E. (2018). Developing multimodal literacy in tertiary education. Journal of Visual Literacy, 37(4), 317–329. https://doi.org/10.1080/1051144x.2018.1540177

Smith, C. A. (2022). Understanding multimodal discourses in English language teaching textbooks : implications for students and practitioners. Bloomsbury Academic.

Van Canh, L., & Renandya, W. A. (2017). Teachers’ English Proficiency and Classroom Language Use: A Conversation Analysis Study. RELC Journal, 48(1), 67–81. https://doi.org/10.1177/0033688217690935

Wang, C. (2021). The Relationship Between Teachers’ Classroom English Proficiency and Their Teaching Self-Efficacy in an English Medium Instruction Context. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.611743

Yuniasari, T., Dewi, N. A., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/viewFile/5557/3977

Additional Files

Published

2025-01-31