Sosialisasi Strategi Pengembangan Visi Dan Penerapannya Untuk Melakukan Perubahan Pada Era Industri 4.0 Di SMK Iptek
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.45157Keywords:
Strategi Pengembangan, Perubahan, Visi, Industri 4.0Abstract
Era Industri 4.0 membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Oleh karena itu, pengembangan visi yang jelas dan strategis, serta penerapan yang efektif, menjadi kunci untuk melakukan perubahan yang diperlukan di lingkungan sekolah. Berikut adalah beberapa langkah strategis yang dapat diambil. Sekolah perlu merumuskan visi yang mencerminkan tujuan pendidikan yang relevan dengan tuntutan era digital. Misalnya, visi dapat berfokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Libatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat, dalam proses perumusan visi. Hal ini akan memastikan bahwa visi yang dihasilkan mencerminkan kebutuhan dan harapan semua pihak. Lakukan penilaian terhadap infrastruktur teknologi yang ada di sekolah, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan akses internet. Identifikasi kekuatan yang dapat dimanfaatkan dan kelemahan yang perlu diperbaiki. Selenggarakan program pelatihan untuk guru agar mereka dapat memanfaatkan teknologi dalam pengajaran. Pelatihan ini dapat mencakup penggunaan alat digital, metode pembelajaran inovatif, dan pemanfaatan data untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mengembangkan visi yang jelas dan menerapkan strategi yang terencana, sekolah dapat melakukan perubahan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan era Industri 4.0. Transformasi ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang kompetitif dan siap menghadapi tantangan masa depan. Melalui kolaborasi dan komitmen bersama, sekolah dapat menjadi pusat inovasi yang mendukung pengembangan.
References
Agustinus Sri Wahyudi. Manajemen Strategi, (Jakarta: Binarupa Aksara,1996) hal:19
Alan Januzweki and Michael Molenda, Educational Technology: A Definition with Commentary.(New York: Routledge, 2010), h.1
Alim Sumarno, Perbedaan Pengembangan dan Pengembangan, (Surabaya: Elearning UNESA, 2012),h.39
Baker, R. S. (2019). "Educational Data Mining: A Review of the State of the Art." Journal of Educational Data Mining, 11(1), 1-22.
Dewi S. Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran, (Jakarta : KENCANA, 2009), h.15 2
Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran, Cet. Ke-II (Yogyakarta: Andi,2000) hal: 17
Implementasi” KBBI, diakses pada 22 januari, 2019. http://kbbi.web.id/implementasi.html.
Kivunja, C. (2014). "Teaching Students to Learn: The Role of 21st Century Skills in Education." International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 26(1), 98-108.
Mudhofir. 1999. Teknologi Instruksional. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. h.29
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mura Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik, (Yogyakarta Teras. 20121, hlm. 189-191
Reza Indragiri Abdul Majid, Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis, (Bandung Interes Media, 2014), hlm.6
Saad, M. (2020). Education 4.0: The Future of Learning and Teaching in the Digital Age. Springer.
Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cet. 1 (Jakarta: GemaInsani, 2001), hal: 153-157
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). 21st Century Skills: Discussion Paper. OECD.
Zakky, “Pengertian Implementasi menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum” Agustus 27, 2018. https://www.zonareferensi.com/pengertianimplementasi/html.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 yulita puji lestari, Imas Masriah, Dani Rahman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.