Pengenalan Akuntansi Dasar Untuk Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Liana Dewi Universitas Mayasari Bakti
  • Fertika Puspita Dewi Universitas Mayasari Bakti
  • Alya Novi Universitas Mayasari Bakti
  • Rafliana Mukhtar Renggana Universitas Mayasari Bakti

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.45654

Keywords:

Akuntansi Dasar, SMK, Motivasi, Akuntansi Keuangan Lembaga

Abstract

Akuntansi merupakan mata pelajaran yang sering dianggap sulit dan membosankan. Guna meningkatkan prestasi akademik dan penguasaan materi siswa-siswi SMK program Akuntansi Lembaga Keuangan, maka diperlukan peningkatan motivasi khususnya dalam mata pelajaran akuntansi dasar. Peningkatan motivasi dapat dilakukan dengan cara memberikan seminar terkait akuntansi dasar dengan metode interaktif. Materi yang disampaikan tetap pada tema akuntansi dasar namun dibahas secara lebih ringan dan mampu memberikan motivasi sekaligus gambaran karir akuntansi di masa mendatang kepada peserta. SMK YSB Suryalaya merupakan sekolah menengah kejuruan dengan program Akuntansi Keuangan Lembaga didalamnya. Pemberian seminar akuntansi dasar dilakukan pada siswa-siswi kelas X dengan tujuan mampu memberikan pemahaman, motivasi sekaligus peningkatan semangat dalam mempelajari mata pelajaran akuntansi. Setelah pelaksanaan program ini diharapkan siswa-siswi kelas X program Akuntansi Keuangan lembaga SMK YSB Suryalaya lebih termotivasi dan mampu memperoleh pemahaman yang baik mengenai akuntansi dasar. Pelaksanaan seminar dilakukan dalam 8 jam pelajaran dengan metode ceramah interaktif. Selain diberikan materi mengenai akuntansi dasar, siswa juga dievaluasi pemahaman terhadap materi melalui kuis interaktif. Siswa sangat antusias dan lebih termotivasi belajar akuntansi.

References

Ismi, A., & Syamwil. (2021). Pengaruh Kemampuan Akuntansi Dasar , Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap hasil Belajar Pratikum Akuntansi Dagang. EcoGen, 4(1), 42–50.

Jariya, F. A., & Rochmawati. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096.

Lestari, P., & Suparlinah, I. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 144–152.

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 257–270

Naim, Z. A., & Djazari, M. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1), 127–144.

Sakdiah, K., & Silalahi, C. A. P. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Dalam Kesulitan Belajar Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Riset & Jurnal Akuntansi, 1(1), 57–61.

Susilowati, D. (2014). Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi dengan Penerapan Metode Ceramah Bervariasi pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Pati. Economic Education Analysis Journal, 2(3), 9–15.

Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia2, XVII(2), 101–116.

Widhiatmoko, I., & Khafid, M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Persamaan Akuntansi melalui Pendekatan Pendidikan Karakter menggunakan Metode Group Investigation. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(2), 121–129.

Additional Files

Published

2025-01-31