Pengembangan Dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.47056Keywords:
UMKM, Dompet Kulit, Marketplace, Digitalisasi, Pendampingan dan PemasaranAbstract
UMKM dompet kulit yang berada di Desa Peusar merupakan salah satu pengrajin kulit yang memiliki potensi di Kabupaten Tangerang. UMKM ini belum menggunakan marketplace sebagai media pemasarannya karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dan menggunakan marketplace. Upaya pemasarannya tidak mampu meningingkatkan penjualan yang siginifikan dikarenakan Media Promosi Kurang Efektif. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan marketplace UMKM tersebut serta memberikan pendampingan dalam pengelolaannya secara berkelanjutan. Program ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Beberapa kegiatan pengembangan dan pendampingan mencakup komunikasi dan koordinasi hingga proses pemecahan masalah, dengan fokus utama pada optimalisasi penggunaan marketplace Tokopedia, Instagram dan TikTok untuk UMKM dompet kulit. Diharapkan melalui pendampingan ini, UMKM dapat meningkatkan wawasan dalam pengelolaan marketplace secara efektif. Dengan adanya program pengembangan dan pendampingan ini, UMKM dapat memperluas pemasaran, menambah jumlah pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
References
Putri FSI & Uus M D F. Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. (2023). Jurnal Economina, Volume 2, Nomor 8. ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina
Konsumen R B S, Elia S & Muinah F. Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian. (2023). Jurnal Mirai Management, Volume 8 Issue 1 .
https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4054
Nuraida W, Ade I S M S, & Akbar G. Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. (2019). Jurnal Pengabdian Dinamika, Vol 6 No 1.
http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v6i1.8758
Indirahma P Z, K, Ayu M, Eka S, Hanisa Y, & Usman A. Pendampingan Dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Toko Kuenak Di Ciputat Timur. (2021)
http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Aulia, Rizza Fatma, Luqman Ali Muddin, Bachrul Hamzah Ilano, Pujiati Ningrum, Safinatun Najah, Puspita Ningrum, Nur Khomariyah, et al. “Pendampingan Digital Marketing, Inovasi Produk UMKM Sepatu Kulit Di Sidoarjo.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 3 (December 30, 2022): 141–44. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v3i3.3247.
Islami, Fitrah Sari, Andhatu Achsa, and Ulfa Rahma Pramudianti. “Pengembangan Produktivitas Umkm Desa Ngargogondo Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk.” Abdipraja (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 4, no. 2 (December 24, 2023): 76–81. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i2.7885.
Muntolib, Abdul. “Penciptaan Dompet Kulit Dengan Ornamen Legenda Ratu Laut Selatan.” Pend. Seni Kerajinan - S1 (e-Craft) 6, no. 4 (August 1, 2017): 351–61.
Prasetyowati, Andy, Jefry Aulia Martha, and Aniek Indrawati. Digital Marketing. Edited by Nadya Artha Fransiska. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019), 2020. https://repository.um.ac.id/1150/.
Rohimah, Afifatur. “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional:” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (March 31, 2018): 91–100. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931.
Wusqo, Any Urwatul, Biby Eka Fridayanti, and Siti Aisyah. “Pengembangan Dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran Dan Peningkatan Penjualan.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 7, no. 1 (2023): 43–49.
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.