Pengenalan Cabang Olahraga Cricket Di Sekolah Highscope Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.47058Keywords:
Cricket, HighScope, Olahraga CricketAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Pengenalan Olahraga Cricket di SMP HighScope Indonesia Jakarta Selatan" bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan dasar-dasar olahraga cricket kepada siswa, serta mengembangkan keterampilan motorik dan nilai-nilai sosial seperti kerja sama tim, sportivitas, dan disiplin. Sasaran kegiatan ini siswa SMP HighScope Indonesia. Metode kegiatan pengabdian ini mencakup sesi teori dan praktik yang terstruktur. Kegiatan dimulai dengan perencanaan yang melibatkan koordinasi dengan tim pengabdian masyarakat, penyusunan skenario kegiatan dan materi pelatihan, serta berkoordinasi dengan pihak SMP HighScope Indonesia. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama satu hari, dengan rincian sebagai berikut: pertama berupa pembukaan dan penyampaian materi tentang pengenalan olahraga cricket, dilanjutkan dengan pengenalan dan praktik langsung di lapangan, dan diakhiri dengan refleksi dan tindak lanjut kegiatan serta penutupan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan bermain cricket. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan motorik dan kemampuan bekerja sama dalam tim. Dampak yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi beberapa aspek: Pertama, siswa yang terlibat menunjukkan peningkatan dalam keterampilan motorik kasar dan halus, serta kemampuan bekerja sama dalam tim. Kedua guru pendidikan jasmani memperoleh metode baru yang dapat diterapkan dalam pengajaran olahraga, meningkatkan efektivitas dan variasi dalam kurikulum pendidikan jasmani. Dan yang terakhir sekolah mendapatkan tambahan fasilitas berupa peralatan cricket yang dapat digunakan untuk latihan rutin dan kompetisi internal, mendukung keberlanjutan program ini.Kesimpulannya, pengenalan olahraga cricket di SMP HighScope Indonesia berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan, memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi siswa dan guru. Program ini dapat dijadikan model untuk implementasi serupa di sekolah-sekolah lain, dengan potensi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan olahraga dan mempromosikan gaya hidup sehat. Integrasi hasil penelitian sebelumnya memberikan landasan ilmiah yang kuat, memastikan efektivitas dan keberlanjutan program. Program ini menunjukkan bahwa pengenalan olahraga baru tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik siswa tetapi juga mengembangkan nilai-nilai sosial yang penting dalam pembentukan karakter mereka.
References
Christie, C. J.-A. (2012). The Physical Demands of Batting and Fast Bowling in Cricket. An International Perspective on Topics in Sports Medicine and Sports Injury, September, 321–332. https://doi.org/10.5772/27301
Cook, D. P., & Strike, S. C. (2000). Throwing in cricket. Journal of Sports Sciences, 18(12), 965–973. https://doi.org/10.1080/793086193
Lees, A. (2002). Technique analysis in sports : a critical review. Journal of Sports Sciences, 20(5), 813–821
Macdonald, D. C. (2015). Performance analysis of fielding and wicket-keeping in cricket to inform strength and conditioning practice.
Mardela, Romi, & Irawan, R. (2017). Validitas Dan Reliabilitas Tes Batting Cabang Olahraga Kriket “Drive Shot Cricket Batting Test.” Jurnal Performa Olahraga, 2(02), 152–166.
Mardela, Romi, Yendrizal, Y., Septri, S., & Haryanto, J. (2021). Pendampingan Latihan Berbasis Online Pada Atlet Cricket Sumatera Barat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 114. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5654
Oktriyeni, H. (2019). Kecerdasan Gerak dalam Pendidikan Jasmani. Halaman Olahraga Nusantara, 2(2), 167–176.
Stlof, W. (2017). Science Of Human Movements – Meaning , Name , Directions of Development. Journal of Human Kinetics, 6(6), 3–22.
Wickramasinghe, I. P. (2014). Predicting the performance of batsmen in test cricket. Journal of Human Sport and Exercise, 9(4), 744–751. https://doi.org/10.14198/jhse.2014.94.01
Wynarti, I. A. (2018). Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran Materi Jenis-jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 63–70.
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.