Pengenalan Dan Pelatihan User Interface (UI) Menggunakan Figma Di Ma Al Jauharotunnaqiyyah Jerang Barat

Authors

  • Novian Ikhsan Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Merlin Diana Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Natasya Insanu Madani Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Gilang Mauldhans Alrachmis Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Faishal Mukti Habibi Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Rehlisa Ejilenta Universitas Pamulang PSDKU Serang
  • Muhamad Ibnu Sofyan Universitas Pamulang PSDKU Serang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.47059

Keywords:

Pelatihan, User Interface, Figma

Abstract

Perkembangan era digital yang berkembang pesat, membuat perusahaan perlu memahami pentingnya penerapan user interface yang baik pada website atau aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. User Interface yang baik sangat berguna dalam membuat tampilan website atau aplikasi agar mudah digunakan dan memberikan kesan pertama yang menarik bagi penggunanya. Oleh karena itu, saat ini sangat dibutuhkan tenaga ahli yang memahami dan memiliki keahlian dalam bidang user interface. Salah satu alat yang banyak digunakan untuk mendesain user interface adalah Figma. Figma adalah alat untuk mendesain user interface berbasis website yang memiliki kelebihan mudah dalam pengoperasiannya, kemampuan kolaborasi dan fitur-fitur yang mendukung desain kreatif. Berlatar belakang hal tersebut maka pelatihan ini berfokus untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan yang berhubungan dengan user interface serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para peserta agar mampu menggunakan Figma sebagai sarana dalam membuat user interface yang baik.

References

Chan & Ngai. (2011). Conceptualising Electronic Word of Mouth Activity: An input-process‐ output perspective. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 29(5), pp.488-516, https://doi.org/10.1108/0263450111115369 2.

Galitz, W. O. (2002). An Introduction to GUI Design Principles and Techniques. The Essential Guide to User Interface Design (p. 857). John Wiley & Sons, 2007. Retrieved from https://books.google.com.my/books?id=Q3 Xp_Awu49sC&dq=visual+interface+but+a lso+voice+interface+ergonomics&lr=&sou rce=gbs_navlinks_s.

Pramudita, Rully. et al. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), pp. 149-154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.

Rohmawati, I., Kristiyanto, A., Pramadjaya, A., Rohmah, R. M., Stevanes, S., & Putranto, B. F. D. (2022). Pelatihan Penulisan dan Pengiriman Surat Lamaran Pekerjaan Online Pada Siswa SMK Pembangunan Terpadu Al-Ischakiyah Pasca Covid-19. Abdimasku :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3),497-503. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.712.

Suryaningsih, S. et al. (2020). Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain, Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), pp. 20-29. doi: 10.29408/edumatic.v4i2.2402.

Widyasari, I. S., & Yustiawan, T. (2020). Manajemen Peralatan Kesehatan Klinik Medical Center PTN di Jawa Timur. Jph Recode, 3(2), 95-106. http://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE.

Additional Files

Published

2025-01-31