Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarakat Desa Melalui Digitalisasi Di Desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Serang
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.47065Keywords:
Pelayanan Publik, Digitalisasi, DesaAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui digitalisasi di Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam Pengabdian kepada masyarakat ini adalah bentuk sosialisasi yaitu dengan metode pembelajaran dengan mempersembahkan teori dan simulasi tentang Peningkatan pelayanan kepada masyarakat berbasis digitalilasi yang dilakukan di Desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Hasil Pengabdian ini menunjukkan bahwa digitalisasi pelayanan publik desa memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan. Program ini memberikan pemahaman kepada perangkat desa dan masyarakat tentang pentingnya penggunaan teknologi dalam pelayanan publik. Meskipun beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur dan keterampilan digital masyarakat, tetap ada, kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan menunjukkan hasil positif, terutama dalam meningkatkan literasi digital dan kesiapan aparatur desa untuk mengadopsi teknologi dalam layanan administrasi. Secara keseluruhan, digitalisasi pelayanan publik memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, meningkatkan efisiensi pengelolaan data, serta memungkinkan layanan yang lebih cepat dan akuntabel. Digitalisasi juga mendukung desa untuk beradaptasi dengan tuntutan era digital, di mana pelayanan publik yang terintegrasi dengan teknologi menjadi hal yang tak terhindarkan.
References
Ambarsari, I.F. 2024. Digitalisasi Informasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Transformasi Desa Digital Melalui Pengembangan WebsiteDesa Klatakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, I-Com: Indonesian Community Journal. Vol 4 No 1, hlm 396 – 405
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta : Bumi Aksara
Berutu, T.A, dkk. 2024. Pengaruh Teknologi Digital terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Neptunus : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Volume. 2 No. 3, hlm 358-370
BPS. (2022). Jumlah Desa/Kelurahan Menurut Provinsi 2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_p ub/0000/api_pub/bEVXU252SU9hTjBxWEU3Z2NpS1Z PQT09/da_02/1
Gouri, V., & Uddin, M. 2019. An Empirical Study of Big Data Analytics in Rural Arena. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, Vol 5 No 3. https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p192
Maryam, N.S. 2016. Mewujudkan good governance melalui pelayanan public. Jurnal ilmu politik dan komunikasi, Vol VI No 1 https://repository.unikom.ac.id/51314/1/1.neneng-siti-maryam-mewujudkan-good-governance-edited.pdf.
Mulyatiningsi, E. 2011. Matode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nurlaila, dkk. 2024. Transformasi Digital Pelayanan Publik: Tantangan dan Prospek dalam Implementasi E-Government di Kabupaten Bima. Public Service And Governance Journal Volume 5 No.2, hlm 21-37
Pradhan, R. P & Bagchi, T. P. 2018. Information communication technology (ICT) infrastructure and economic growth: A causality evinced by cross-country panel data. IIMB Management Review, 30(1), 91–103. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2018.01.001
Rusman. 2022. Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Volume 1 No 2
Susilawati, dkk. 2024. Pelayanan Publik Berbasis Digital Pada Organisasi Sektor Publik Di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja Volume 6 No. 1, hlm 67-73
Suyanto, Joko. 2001. Gender dan Sosialisasi. Jakarta: Nobel Edumedia
Syaodih, E. 2018. Smart Village Development. The 9th International Conference of Rural Research and Planning Group, 22–33.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Warman, N.S, dkk. 2022. Implementasi Inovasi Kebijakan Dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Di Kota Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, Vol 1 No. 2, hlm 136.
Wibowo, A. 2019. Penguatan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Perubahan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen, Volume 23 No 1, hlm 44-57.
Yunaningsih, A, dkk. 2021. Upaya meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik melalui digitalisasi. Jurnal Attalasia. Vol 3 No 1, hlm 9
Yuniarti, D. 2018. Digital Era: Challenges and Opportunities for Human Resource Management. Journal of Human Resource and Leadership, Volume 2 No 2, hlm 1-15
Zhang, X., & Zhang, Z. 2020. How do smart villages become a way to achieve sustainable development in rural areas Smart village planning and practices in China. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–20. https://doi.org/10.3390/su122410510
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.