PEMBERIAN TREATMENT CARA PENYELESAIAN SOAL LITERASI KUANTITATIF BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI BOGOSARI 1, GUNTUR, DEMAK

Authors

  • Dameis Surya Anggara Universitas Pamulang
  • Candra Abdillah Universitas Pamulang
  • Putut Said Permana Universitas Pamulang
  • Enggar Prasetyawan Universitas Pamulang
  • Saptina Retnawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v1i3.6885

Keywords:

Literasi kuantitatif, high order thinking skills, pendekatan polya

Abstract

Literasi kuantitatif merupakan kemampuan bernalar dalam mengelola informasi berbentuk angka dan statistik dalam berbagai hal. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan terlebih di era digital 4.0 ini. Namun demikian, matematika yang merupakan wadah dari literasi kuantitatif justru realitanya banyak menghadapi masalah. Berdasarkan analisis situasi di SD Negeri Bogosari 1 dapat diketahui bahwa siswa hanya menguasai soal-soal bersifat rutin dan sederhana. Mereka belum mampu menyelesaikan soal-soal bertipe High Order Thinking skills (HOTS) seperti soal yang penyelesaiannya membutuhkan kemampuan memecahkan masalah. Atas dasar itu dilakukanlah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tujuan memberikan pengetahuan cara penyelesaian butir soal berjenis HOTS seperti butir soal literasi kuantitatif. Selanjutnya, PKM ini dilaksanakan pada 11 – 13 Maret 2020 dengan subyek siswa kelas V di SD Negeri Bogosari 1. Adapun metode pelaksanaan PKM ini menggunakan metode ceramah dan diskusi yang terkemas melalui pendekatan Polya. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan butir soal literasi kuantitatif meningkat, tercermin dengan adanya peningkatan kemampuan literasi kuantitatif dari 54,13 menjadi 73,87 atau naik sebesar 19,73.

References

Abdillah, C., Anggara, D. S., & Permana, P. S. (2019). Perencanaan Pengajaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Hallett, D. Hughes. 2003. The Role of Mathematics Courses in the

Development of Quantitative Literacy. USA: The National Council on

Education and the Disciplines.

OECD. (2006). Assessing Scientific, Reading and Mathematical Literacy: A Framework for PISA 2006. Paris: OECD Publications

Ontario Education. (2014). Leading Math Success: Mathematical Literacy, Grades 7-12. The Final Report of the Expert Panel on Student Success in Ontario.

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang tentang Pedoman

Pelaksanaan Pembelajaran. 2014. Jakarta: Direktorat Jenderal

Manajemen Pendidikan.

Rosadi, I., Hidayat, R., & Rahmatudin, J. (2018). Upaya Peningkatan

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Polya. Integral: Pendidikan Matematika, 9(1), 50-62.

Rudtin, N. A. (2013). Penerapan langkah Polya dalam model problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.

Bandung : Kencana.

Steen, L. A. Ed. (2001). Mathematics And Democracy: The Case For

Quantitative Literacy. USA: Woodrow Wilson National Fellowship

Foundation.

Sweet, Stephen, dan Strand, K. (2006). "Cultivating Quantitative Literacy: The Role of Sociology." Teaching Sociology 34:1-4.

Downloads

Published

2020-10-12