PENYULUHAN DONGENG SEBAGAI MEDIA LITERASI PENDIDIKAN KESEHATAN ANAK DI POSYANDU TANJUNG 1 DI WILAYAH RW 10 PERMATA MANSION, KOTA DEPOK

Authors

  • Ratna Juwitasari Emha Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Varatisha Anjani Abdullah Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Tri Pujiati Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang
  • Yuli Iskandari Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8779

Keywords:

Dongeng, Mendongeng, Literasi, Pola Asuh

Abstract

Dongeng merupakan suatu media pengenalan literasi kepada anak semenjak usia dini. Kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan literasi dan imajinasi anak serta mempererat hubungan emosional orang tua dan anak. Kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk membudayakan dongeng sebagai kegiatan literasi anak sebagai sebuah pola asuh orang tua di wilayah Posyandu Tanjung 1 RW 10 Permata Mansion, Serua, Kota Depok. Sehingga pola pengasuhan permisif orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak dapat dialihkan kepada kegiatan mendongeng ini. Kegiatan ini dilakukan melalui virtual dengan mengajar orang tua dan pemuda di wilayah RW 10 Permata Mansion untuk terlibat aktif dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh civitas akademika Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 12-14 Oktober 2020. Hasil dari kegiatan PKM ini memberikan simpulan bahwa Orang tua bayi dan balita di lingkungan Posyandu Tanjung 1, RW 10 Permata Mansion, Kota Depok pada dasarnya tertarik untuk memperkenalkan dongeng kepada anak mereka. Hal ini terbukti dari antusiasme orang tua menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan manfaat dogeng, teknik mendongen, dan jenis-jenis cerita dongeng. Harapan dari adanya kegiatan PKM ini adalah adanya peningkatan kemampuan para orang tua bayi dan balita di Posyandu Tanjung 1 dalam mendongeng kepada anak sebagai kegiatan pola asuh dan mengurangi pola asuh permisif kepada anak terhadap penggunaan gawai.

References

Abdullah, V. A. (2017). Sosial Media Sebagai Pasar Bagi Masyarakat Modern (Sebuah Kritik Terhadap Budaya Populer). Jurnal Dakwah Tabligh, 18(1), 116-130.

Ardini, P.P. 2012. Pengaruh dongeng dan Komunikasi terhadap perkembangan moral anak usia 7-8 tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 1 (1) pp. 45-58.

Ardini, P.P. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas II SD Melalui Metode Dongeng. Jurnal Ilmu Pendidikan PEDAGOGIKA. 8 (2) pp. 99-112.

Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 2 (12) pp. 315-330.

Emha, R. J., Abdullah, V.A., Pujiati, T., & Iskandari, Y. (2020). Pelatihan Virtual Menulis Puisi di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengabdian Abdi Laksana, 1 (3), 331-335.

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Priyono, K. 2001. Terampil mendongeng: Jakarta. Grasindo Pujiati, T., Andullah, V. A., Iskandari, Y., & Emha, R. J. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Kegiatan Dan Surat Menyurat Pada Karang Taruna Di Lingkungan Rw. 10 Permata Mansion, Serua, Bojongsari, Depok. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 82-86.

Downloads

Published

2021-01-05