PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-COURT UNTUK PARALEGAL DI LEMBAGA BANTUAN HUKUM "UNGGUL"

Authors

  • Dadan Herdiana Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Universitas Pamulang
  • Muhamad Iqbal Universitas Pamulang
  • Iin Indriani Universitas Pamulang
  • Wawan Supriyatna Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8781

Keywords:

E-Court, LBH Unggul, Aplikasi

Abstract

Pengabdian ini berjudul Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Court untuk paralegal di Lembaga Bantuan Hukum Unggul Kota Tangerang Selatan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan aplikasi E-Court khususnya untuk para pengurus dan paralegal di Lembaga Bantuan Hukum Unggul Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi dan praktik penggunaan E-Court dan diskusi dengan para paralegal dan pengurus LBH Unggul. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa LBH Unggul akan dapat memaksimalkan peran dan fungsinya sebagai fasilitator bagi para pencari keadilan dengan cepat, hemat dan efisien melalui Aplikasi E-Court selain dari itu paralegal yang bertugas di LBH Unggul mendapatkan tambahan pengetahuan dibidang Teknologi Informasi khususnya dibidang Hukum melalui Apliakasi E-Court.

References

Ditjenmiltun Mahkamah Agung RI, E-Court, Era Baru Beracara di Pengadilan, https://www.pt-bengkulu.go.id/berita/e-court-erabaruberacara-di-pengadilan

Iqbal Muhamad, Susanto, Sutoro Moh. 2019. Fungsionalisasi E-Court Dalam Menekan Judicial Corruption Pada Tingkat Manajemen Administrasi Perkara

Iqbal, M. I., Susanto, S., & Sutoro, M. (2019). Functionalization of E-Court System in Eradicating Judicial Corruption at The Level of Administrative Management. Jurnal Dinamika Hukum, 19(2), 370-388.

Mahkamah Agung Republik Indonesia, Buku Panduan e-Court Panduan Pendaftaran Online untuk Pengguna Terdaftar, Electronics Justice System Mahkamah Agung RI, Jakarta, 2018, h.3 dalam https://ecourt.mahkamahagung.go.id

Mulyanto, E. (2019, October). Prevent Corruption Through The E-Court System (Study in Jabodetabek Court). In 3rd International Conference on Globalization of Law and Local Wisdom (ICGLOW 2019). Atlantis Press.

Susanto, M. I., & Supriyatna, W. (2020). Creating an Efficient Justice System with E-Court System in State Court and Religious Court of Rights. International Journal of Arts and Social Science, 3(3), 354-361.

Susanto, S. E-Court As The Prevention Efforts Against The Indonesia Judicial Corruption. Yustisia Jurnal Hukum, 9(1), 116-138.

Susanto, S., Iqbal, M., & Supriyatna, W. (2020). Implementasi E-Court Pada Pendaftaran Gugatan Dan Permohonan Di Pengadilan Agama Tigaraksa Dalam Rangka Mewujudkan Peradilan Cepat, Sederhana Dan Biaya Ringan Dengan Didukung Teknologi. Proceedings Humanis Universitas Pamulang, 1(1).

Susanto, S., Iqbal, M., & Supriyatna, W. (2020). Menciptakan Sistem Peradilan Efisien Dengan Sistem E-Court Pada Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama Se-Tangerang Raya. Jch (Jurnal Cendekia Hukum), 6(1), 104-116.

Wallace, J. C. (1997). Resolving Judicial Corruption While Preserving Judicial Independence: Comparative Perspectives

Yanto, O., Susanto, S., Darusman, Y. M., Wiyono, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan E-Litigasi Di Lembaga Bantuan Hukum Unggul Tangerang Selatan Guna Meningkatkan Profesinalisme Dalam Rangka Pendampingan Masyarakat Pencari Keadilan Melalui Aplikasi Komputer. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(2).

Downloads

Published

2021-01-05