PELATIHAN MANAJEMEN BAGI PENGURUS POSYANDU BUNGA TANJUNG 1 DI WILAYAH RW 10 PERMATA MANSION, KOTA DEPOK

Authors

  • Ajimat Ajimat Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sugeng Widodo Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • I Nyoman Marayasa Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Endang Sugiarti Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rahmayanti Tumanggor Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8786

Keywords:

Posyandu, Manajemen, dan RW 10 Permata Mansion Depok

Abstract

Posyandu sebagai sebuah wadah kegiatan di masyarakat. Mitra dalam program ini adalah Posyandu Tanjung 1 di Wilayah RW 10 Permata Mansion, Kota Depok. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra adalah manajemen posyandu yang dimiliki oleh pengelola posyandu masih kurang bagus. Hal ini mengakibatkan masyarakat di sekitar RW 10 Permata Mansion masih jarang yang datang ke Posyandu tersebut. Adanya manajemen yang masih kurang bagus dari para pengurus Posyandu Bunga Tanjung 1 ini memberikan dampak yang tidak baik bagi anggota masyarakat yang enggan datang ke Posyandu untuk menimbangkan anaknya ataupun melaksanakan kegiatan kesehatan yang lainnya. Permasalahan lain yang dihadapi oleh mitra adalah adanya ketidakpahaman dari pengurus Posyandu Tanjung 1 di RW 10 Permata Mansion Depok tidak memiliki perencanaan yang matang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam upaya untuk mengajak masyarakat agar datang ke posyandu. Hal tersebut tentunya berdampak pada ketidakpastian kegiatan kesehatan yang dikelola oleh posyandu Bunga Tanjung 1 di RW 10 Permata Mansion sehingga masyarakat menjadi tidak tertarik untuk datang ke Posyandu Bunga Tanjung 1 di Permata Mansion Depok. Oleh karena itu, perlu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengelola Posyandu Tanjung 1 di Wilayah RW 10 Permata Mansion, Kota Depok, sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat. Upaya yang hendak kami lakukan sebagai bentuk penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dengan memberikan penyuluhan kepada pengurus posyandu terkait dengan pentingnya manajemen posyandu sehingga kegiatan posyandu dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan solusi untuk mitra dengan melakukan pendampingan secara maksimal kepada seluruh pengurus posyandu sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

References

Ajimat, A., Saprudin, U., Marayasa, I. N., Sugiarti, E., & Saputra, M. (2020). Pelatihan Management By Objectivess (Mbo) Kepada Pengurus Rt Dan Rw 08 Kelurahan Serpong Serpong-Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 112-116.

Iswarawanti, D. N. (2010). Kader posyandu: Peranan dan tantangan pemberdayaannya dalam usaha peningkatan gizi anak di indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 13(04).

Juwita, D. R. (2020). Makna Posyandu Sebagai Sarana Pembelajaran Non Formal Di Masa Pandemic Covid 19. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1-15.

Simanjuntak, M. (2012). Karakteristik sosial demografi dan faktor pendorong peningkatan kinerja kader posyandu. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 2(1).

Suhat, S., & Hasanah, R. (2014). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan keaktifan kader dalam kegiatan posyandu (Studi di Puskesmas Palasari Kabupaten Subang). KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 73-79.

Susanto, S., & Halim, I. (2020, January). Pengaruh Human Relation Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-01-05