PELATIHAN PERENCANAAN KEWIRAUSAHAAN HIDROPONIK DAN PENGUATAN KELEMBAGAAN SANTRIPRENEUR DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL PENGASINAN DEPOK

Authors

  • Chotamul Fajri Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Suworo Suworo Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sairin Sairin Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Tarwijo Tarwijo Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8788

Keywords:

Perencanaan bisnis, kewirausahaan, sekolah islam berasrama, pesantren

Abstract

Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School (IBS) membekali santri santrinya dengan kegiatan santripreneur, sebagai usaha pesantren membekali santri kecakapan hidup (lifeskill) supaya bisa hidup mandiri setelah lulus. Kegiatan santripreneur yang dikembangkan dengan mengembangkan kewirausahaan hidroponik. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan di lingkungan Pesantren AL Wafi adalah untuk memberikan pendampingan para santri terkait pengelolaan kegiatan kewirausahaan hidropononik dengan memberikan pelatihan dan pendapingan penyusunan bisnis plan serta pendampingan proses produksi sampai pengemasan. Permasalahan yang terjadi terkait dengan kegiatan santripreneur dengan kewirausahaan hidroponik adalah minimnya pengetahuan terkait dengan perencanaan bisnis (business plan) hidroponik. Hal ini terjadi karena kurikulum kewirausahaan dipesantren memiliki keterbatasan dan baru mengembangkan kurikulun integrasi. Sebagai solusi dari permasalahan mitra adalah dengan memberikan seminar dan pendampingan dalam perencanaan kewirausahaan hidroponik dan penguatan kelembagaan dengan membuat komunitas hidroponik santri Al Wafi. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pengabdian masyarakat tahap satu. Pendampingan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan dan menentukan siapa saja siswa siswi komunitas hidroponik yang akan diundang untuk mengikuti pelatihan. Tahap pelaksanaan, dilakukan dengan memberikan pelatihan dengan menggunakan metode ceramah dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan latihan sebagai bentuk kegiatan Workshop diantaranya dengan memberikan pemahaman tentang pengertian bisnis plan bagi para santri SMA AL WAFI IBS. Selanjutnya para santri peserta pelatihan mencoba untuk membuat rencana bagaimana memulai usaha (business plan), serta bagaiman membuat laporan. Setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan para santri SMA AL WAFI IBS dapat memahami tentang pengembangan kewirausahaan hidroponik, menumbuhkan kemandirian, bisa menambah motivasi ketika memasuki dunia kerja, bisa membuat rencana usaha (business plan) dan dapat menjalankan kegiatan komunitas hidroponik Al Wafi IBS.

References

Daft,Richard.2007.Management.Jakarta : Salemba Empat

Hisrich, Robert. D., Peters M. P.1995. Entrepreusrship. Irwin. Chicago Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S.,

Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Rohmat, 2015, Nilai-nilai Moral Kewirausahaan Membangun Bangsa Berkarakter, Yogyakarta: Gerbang Media Aksara, h. 47.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana, 1(2).

Sudrajat Rasyid.2005.Kewirausahaan Santri, Jakarta: PT. Citrayudha,h. 8-9.

Zikrul Hakim,2006,Tim Multitama Communication, Islamic Business Strategy For Entrepreneurship, Jakarta: cet. I, h. 11-12.

Downloads

Published

2021-01-05