MEMBANGKITKAN UKM DALAM DUNIA PESANTREN: UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI UMMAT DI PONDOK PESANTREN YATIM AL HANIF KEL. SERUA, KEC. CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • H. Arsid Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dedek Kumara Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ma’fiyah Ma’fiyah Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nurillah Hanum Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ahmad Dimyati Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8795

Keywords:

Wirausaha, UMKM, Pondok Pesantren, Covid-19.

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak terutama pada sisi ekonomi. Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini karena kontribusi UMKM terhadap pereknomian nasional yang cukup besar. Kajian yang dibuat oleh Kementerian Keuangan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan implikasi negatif bagi perekonomian domestik seperti penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat, penurunan kinerja perusahaan, ancaman pada sektor perbankan dan keuangan, serta eksistensi UMKM. UKM sendiri berarti usaha kecil dan menengah yaitu dapat berupa usaha rumahan, dan lain lain. Salah satu cara untuk membangkitkan UKM di Pondok Pesantren Alhanif Serua Ciputat adalah dengan meningkatkan perhatian kita baik pemerintah maupun kalangan orang berada juga mahasiswa untuk senantiasa memberikan kontribusi dan dharma bakti kepada masyarakat sekitarnya yang memerlukan bantuan atau santunan. Pada kesempatan kali ini dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan tim dosen Universitas Pamulang sebagai bentuk Tri Dharma perguruan tinggi maka tim PKM dosen Universitas Pamulang melakukan kegiatan seminar kepada pengelola ukm, santri/wati, serta guru yang berdampak wabah corona. Kegiatan ini untuk memberikan solusi, motivasi, dan inovasi ketika mempertahankan UKM yang berdampak Covid-19 di Pesantren Alhanif Ciputat Serua Tangerang Selatan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa seminar di pesantren Al Hanif dengan mengambil tema “Membangkitkan UKM Dalam Dunia Pesantren: Upaya Meningkatkan Ekonomi Ummatâ€.

References

Ade Miranti (2020). Dampak Corona, Serikat Pekerja Minta Pengusaha Tak Lakukan PHK. Kompas.com. Jakarta. ttps://money.kompas.com/read/2020/03/20/181000226/dampak-corona-serikat- pekerja-minta-pengusaha-tak-lakukan-phk diakses pada Tanggal 2 Mei 2020.

Agus Purwanto, dkk. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Edupsycouns Jornal, (Universitas Muhammadiyah Enrekang: vol.2, no.1,2020, issn online: 2716-4446).

Andi Mapisangka (2009). Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. JESP Vol 1(1). Diksi Paisal (2020). Masyarakat Indonesia Menghadapi Corona. Komunitas Sekolah Damai Indonesia.

Bandung,https://www.ayobandung.com/read/2020/03/13/82433/masyarakatindonesiamenghadapi- corona diakses pada Tanggal 2 Mei 2020.

Damingun, Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi.

Dana Riksa Buana, (2020), Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa.

Edi Suharto, (2010). CSR & Comdev Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi (Bandung: Alfabeta).

Elvinaro Ardianto dan Dindin M Machfudz, (2011), Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR, (Jakarta : Kompas Gramedia,).

Fiansyah (2019). Bakti Sosial di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat Kelurahan Surodinawan. Fakultas Ilmu Sosial. Malang.

Firsan nova, republic relation, 2012, (jakarta : media bangsa,)

Hadari Nawawi, 2003, Perencanaan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press)

Hendrik budi untung,( 2008), corporate social resposibility, (jakarta : sinar grafika,)

Kumara, D., Salami, M. M., Utomo, N. A., & Hanum, N. (2020). Penerapan Tanggung Jawab Sosial sebagai Bentuk Penguatan Mental SDM di Tengah Pandemi Covid 19 di Kelurahan Kukusan Rt 06 Rw 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425. DEDIKASI PKM, 1(3), 25-32.

Laelia Dwi (2017). Bakti Sosial. Forsila Unissula. UMY

Liputan6.com.Jakarta.https://www.liputan6.com/bisnis/read/4219701/pekerja-informal-dan-umkm- rentan-terkena-dampak-corona# diakses pada Tanggal 2 Mei 2020.

Menteri Dalam Negeri,(2020) Buku Pedoman Covid-19 Kemendagri, Jakarta

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Nunuk Indarti (2016). Pemberdayaan Industri Mebel di Kota Pasuruan dalam Perspektif Capacity Building Melalui Unsur Penguatan Modal dan Pelatihan SDM. National on Conference On Economic Education. Pasuruan.

Panduan Interim (2020) COVID-19 dan Keamanan Pangan: Panduan untuk otoritas yang berwenang atas sistem pengawasan keamanan pangan nasional, WHO dan FAO.

Pipit Ika Ramadhani (2020). Pekerja Informal dan UMKM Rentan Terkena Dampak Corona.

Prasetya, Irawan dkk. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIA-LAN Press, Jakarta

Priyono dan Marnis, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Surabaya: Zifatama Publishing

Sayuti Hasibuan, (2000) Manajemen Sumber Daya Manusia : pendekatan non sekuler, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Veithzal Rivai, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada)

Wa Ode Zusnita $ Nury Effendi (2015). Penguatan SDM Industri Kreatif Melalui Peningkatan Kompetensi dan Knowledge Management. Pekbis Jurnal Vol 7 (3). Universitas Padjajaran.

Widodo, A. S., Kumara, D., & Wardani, S. (2020). REORIENTASI PERAN KARANG TARUNA: MENGEMBANGKAN MANAJEMEN ORGANISASI YANG SELARAS DENGAN KONTEKS PEMBANGUNAN DAERAH. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1).

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus Pada Pkbm Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-01-05