UPAYA PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN UMKM DALAM MENJAGA STABILITAS PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA AKIBAT PANDEMI COVID-19
Keywords:
pemasaran digital, pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, pandemic Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan timbulnya berbagai permasalahan pada kehidupan manusia sehari-hari, salah satunya adalah memberikan dampak buruk bagi perekonomian pada sektor pariwisata dan UMKM, salah satunya desa yang terdampak adalah Desa Bongkasa Pertiwi. Masyarakat di Desa Bongkasa Pertiwi secara keseluruhan mengandalkan potensi wisata sebagai sumber pemasukannya, namun semenjak pandemi Covid-19 melanda negeri yang menyebabkan penurunan pendapatan masyarakat dan tidak sedikit pengusaha UMKM yang memilih untuk menutup usahanya akibat sepinya wisatawan yang berkunjung ke desa. Dengan adanya permasalahan baru yang dihadapi akibat pandemi Covid-19 ini maka solusi yang ditawarkan adalah edukasi, pelatihan serta pendampingan kepada pengusaha UMKM mengenai cara pengembangan dan pemasaran UMKM dalam masa pandemi Covid-19. Secara garis besar, hasil pengabdian ini adalah: 1) telah dilaksanakannya pelatihan pengembangan produk UMKM melalui pembuatan label kemasan usaha, dan 2) pelatihan dalam memasarkan produk UMKM dengan memanfaatkan media sosial. Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan baik dan disambut dengan antusiasme mitra dan masyarakat desa. Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam upaya pengembangan produksi produk usaha serta pemasaran terutama dalam masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan perekonomian dan daya beli masyarakat sehingga diharapkan stabilitas perekonomian desa tetap terjaga.
Kata Kunci: pemasaran digital, pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, pandemic Covid-19
References
Ardana, I. C., Dermawan, E. S., & Susanti, M. (2017). Spiritualitas Tempat Kerja (Workplace Spirituality) Dan Motivasi Manajemen Laba (Earning Management Motivation). Jurnal Akuntansi, 20(1), 86. https://doi.org/10.24912/ja.v20i1.77
Bayih, B. E., & Singh, A. (2020). Modeling domestic tourism: motivations, satisfaction and tourist behavioral intentions. Heliyon, 6(9), e04839. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04839
Burrell, G., Morgan, G., Burrell, G., & Morgan, G. (2019). Assumptions about the Nature of Social Science. Sociological Paradigms and Organisational Analysis, 1–9. https://doi.org/10.4324/9781315609751-1
Connor, N. O., Lowry, P. B., & Treiblmaier, H. (2020). Interorganizational cooperation and supplier performance in high-technology supply chains. Heliyon, 6(3), e03434. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03434
Larasdiputra, G. D., & Suwitari, N. K. E. (2020). Pembinaan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dan Pemahaman Kredit Usaha Rakyat. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 133–139. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/6891
Mahmud, M., & Riley, E. (2021). Household response to an extreme shock: Evidence on the immediate impact of the Covid-19 lockdown on economic outcomes and well-being in rural Uganda. World Development, 140(March 2020), 105318. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105318
Murti, A. K., Trisnadewi, A. A. E., Citraresmi, L. D., & Saputra, K. A. K. (2018). SAK ETAP, Kualitas Laporan Keuangan dan Jumlah Kredit yang diterima UMKM. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 52–61. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16300
Ojo, A., Dzhusupova, Z., & Curry, E. (2016). Exploring the Nature of the Smart Cities Research Landscape. Public Administration and Information Technology, 11(September), 23–47. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17620-8_2
Priliandani, N. M. I., Pradnyanitasari, P. D., & Saputra, K. A. K. (2020). Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(1), 67–73. https://doi.org/10.32477/jrm.v6i1.29
Saputra, K. A. K., Ekajayanti, L. G. P. S., & Anggiriawan, P. B. (2018). Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Sikap Love Of Money Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 135–146. https://doi.org/10.22219/jrak.v8i
Sara, I. M., Saputra, K. A. K., & Jayawarsa, A. A. K. (2020). Regulatory Impact Assessment Analysis In Traditional Village Regulations As Strengthening Culture In Bali. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 1(3), 16–23.
Shabrina, Z., Yuliati, L. N., & Simanjuntak, M. (2018). The Effects Of Religiousity , Pricing And Corporate Image On The Attitude And The Intention To Use Sharia Micro Financing. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 197–206.
Suwitari, N. K. E., & Larasdiputra, G. D. (2020). Pemasaran Konvensional Versus Online: Dimensi Hukum Di Dalam E-Commerce. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 111–121.
Uğur, N. G., & Akbıyık, A. (2020). Impacts of COVID-19 on global tourism industry: A cross-regional comparison. Tourism Management Perspectives, 36(September), 100744. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2020.100744
Ying, Z., Gao, M., Liu, J., Wen, Y., & Song, W. (2011). Green accounting for forest and green policies in China - A pilot national assessment. Forest Policy and Economics, 13(7), 513–519. https://doi.org/10.1016/j.forpol.2011.06.005
Yusnaeni, Lika, A. G., Lion, T., K, I. B., & Sudirman. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pelatihan Pembuatan Poc Limbah Rumah Tangga. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 1–10.