PENGENALAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA PARA GURU

Authors

Keywords:

Aplikasi, Guru, Pendidikan, Pembelajaran, Augmented Reality

Abstract

Dalam bidang pendidikan, mempunyai banyak pengaruh terhadap berkembangnya teknologi, salah satunya adalah muncul aplikasi yang digunakan untuk media pembelajaran secara interaktif yang memudahkan dalam belajar menyerap ilmu pengetahuan. Augmented Reality dapat menampilkan objek virtual ke dalam dunia nyata, Augmented Reality berjalan real-time, adanya interaksi dengan benda 3 dimensi. Teknologi AR merupakan perkembangan perangkat mobile dengan fasilitas kamera beresolusi tinggi dan sensor-sensor yang mendukung. Maka semakin besar kemungkinan siswa dan siswi cepat paham pada materi yang disampaikan oleh guru. Belajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality tentu akan lebih menarik siswa dan siswi SD Negeri Rawakalong 05 dalam memahami materi yang di sampaikan oleh para guru. Sebelum kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan, untuk tahapan awal yang dilakukan yaitu survey dan observasi tempat. Selanjutnya adalah penyusunan muatan materi yang akan disampaikan serta studi kasus yang ada didalamnya. Kemudian presentasi materi dan diskusi yang merupakan tahapan utama ini. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi pembelajaran interaktif yang diharapkan dapat membantu guru, para siswa dan siswi SD Negeri Rawakalong 05 dalam menggunakan media pembelajaran sebagai pendamping dan tambahan dari pembelajaran sehari-hari

Author Biographies

Fitri Yanti, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Jaka Sutresna, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Yolen Perdana Sari, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

References

Dewantara, K. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Kita, S. (2021, 2 6). SDN Rawakalong 05. Retrieved from Sekolah Kita: http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/502D410F-2CF5-E011-BB4D-39E8D4FD4577

Tirto. (2018, 8 1). Sekolah Bisa Lebih Seru Dengan Teknologi Augmented Reality. Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/sekolah-bisa-lebih-seru-dengan-teknologi-augmented-reality-cQhB

Akbar, Amin, and Nia Noviani. 2019. “Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Ananda, Takhta Akrama, Novi Safriadi, and Anggi Srimurdianti Sukamto. 2015. “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya.†Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN).

Bacca, Jorge et al. 2014. “Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research and ...: ÇOMÜ Akademik Arama Motoru.†Educational Technology & Society.

Endah Wulansari, Ossy Dwi, T. Zaini, and B. Bahri. 2013. “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN.†Jurnal Informatika Darmajaya.

Faiztyan, Irham Fa’idh, R. Rizal Isnanto, and Eko Didik Widianto. 2015. “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D.†Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer.

Hidayati, T. (2020). STATISTIKA DASAR Panduan Bagi Dosen dan Mahasiswa.

Hidayati, T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Of Mathematics. Pena Persada.

Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2018). Penggunaan ICT dalam Penyusunan Modul Statistika. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(3), 151-172.

Hidayati, T., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran SMP Kelas VIII dengan Suplemen Materi History of Mathematics (HOM). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211-221.

Ikasari, I. H., Wulandari, D., Handayani, I., & Hidayati, T. (2021). Pelatihan Bandicam dan Youtube untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring Guru-Guru di SMK Telekom Pamulang. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 78-83.

Ikasari, I. H., Hidayati, T., Handayani, I., Wulandari, D., & Noviana, W. (2020). Pelatihan Edmodo Untuk Proses Pembelajaran Lebih Interaktif Dan Terorganisir Bagi Smp Kebangsaan Pondok Aren. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Kammann, Tobias D., Igor G. Olaizola, and Inigo Barandiaran Martirena. 2006. “Interactive Augmented Reality in Digital Broadcasting Environments.†Journal of Computational Information Systems.

Kurniawan, Wanda, Andi Suprianto, and B Sumardiyono. 2016. “Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa.†Jurnal Rekayasa Informasi.

Mustaqim, Ilmawan. 2016. “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.†Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Rusnandi, E., H. Sujadi, and E. Fauzyah. 2015. “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Sekolah Dasar.†Infotech Journal.

Sutresna, Jaka et al. 2020. “Sistem Pembelajaran Agama Islam Berbasis Web Untuk Tingkat SD Menggunakan Model Waterfall Dipesantren Tahfidz Daarul Qur ’ an - Tangerang.†JOAIIA: Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications 1(3): 125–30.

Sutresna, Jaka, Fitri Yanti, and Andin Eka Safitri. 2020. “Media Pembelajaran Matematika Pada Usia Dini Menggunakan Augmented Reality.†JUSTIN : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi 08(4): 424–29.

Yuliono, Tri, Sarwanto Sarwanto, and Peduk Rintayati. 2018. “Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia.†Jurnal Pendidikan Dasar.

Published

2021-10-23

Issue

Section

Articles