PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DAN ISPRING UNTUK GURU SMPN 4 JEMBER
Keywords:
I-Spring, Media Pembelajaran, Pelatihan, PowerPointAbstract
Pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak orang menjadi tidak bisa dilakukan, termasuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Oleh karena itu, SMPN 4 Jember sebagai lembaga pendidikan yang terdampak oleh pandemi Covid-19 ini juga perlu bergerak dan mengembangkan kegiatan pembelajaran secara daring dengan bantuan media pembelajaran. Kegiatan yang Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Power Point dan Ispring di SMPN 4 Jember ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sudah dikenal oleh guru di sekolah tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan metode Systems Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki 5 tahapan yaitu planning, analysis, design, implementation, dan maintenance. Hasil pendampingan yang dilakukan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dibuat oleh guru dan kemudian akan diujicobakan kepada siswa SMPN 4 Jember.
References
Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasarâ€. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Volume 10 (3): 282–289.
Ardiansah, Feri, and Miftakhi, Diah Rina. 2019. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Tenaga Pendidik Paud Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Volume 2 (2): 108-127
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasarâ€. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 (1): 55–61.
Fatwa, Alyan. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normalâ€. Indonesian Journal of Instructional Technology Volume 1 (2): 20–30.
Hadi, Syamsul. 2008. Microsoft Power Point. Surabaya: Tiara Aksara.
Jayul, Achmad and Irwanto, Edi. 2020. “Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19â€. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Volume 6 (2): 190–199.
Kusuma, Nur Risnawati., Mustami, M. Khalifah, and Jumadi, Oslan. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atasâ€. Jurnal UNM, Volume IV (1): 7-13.
Malyana, Andasia. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampungâ€. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia Volume 2 (1): 67–76.
Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., and Ningsih, P. A. R. 2021. “Strategi Pembelajaran melalui Daring dan Luring selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 Bendosariâ€. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 2 (1): 1–8.
Rahadian, Kurniawan, Rakhmawati, Restu and Purnamasari,
Wuriandietry Mayang. 2018. "Game Edukasi Pembelajaran Interaksi Mata Bagi Anak Autis". Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi): 68-76.
Ramadhani, Dochi, Fatmawati, Erni, and Oktarika, Dini. 2019. “Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan iSpring Di Sma Wisuda Kota Pontianakâ€. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 3 (1): 24-33.
Sadikin, Ali and Hamidah, Afreni. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19â€. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Volume 6 (1): 214–224.
Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Saputra, Very Hendra and Febriyanto, Endi. 2019. "Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita". Methema Journal Volume 1 (1): 15-23.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M. and Marlyna, D. 2020. "Pengembagan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu)â€. Jurnal Komputer dan Informatika Volume 15 (1): 127-136.
Usman, M., Mari, M., Hasbi, H., Muhammad, R., and Genda, A. 2020. “Pemanfaatan Sistem Kelola Pembelajaran (SIKOLA) Sebagai Media Pembelajaran Daring (Online) bagi Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Masa Pandemiâ€. Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 18 (1): 66–74.
Zuraini and Nurhayati. 2021. “Efektifitas Pembelajaran E-Learning Diera New Normalâ€. Genta Mulia Volume XII (1): 130–136.