SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SMK DARUL MUIN

Authors

  • Joko Riyanto Universitas Pamulang
  • Bobi Agustian Universitas Pamulang
  • Maulana Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Heri Haerudin Universitas Pamulang
  • Muhammad Yaser Arafat Universitas Pamulang

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan Internet, menjadikan bidang pendidikan pun ikut
mengalami perkembangan. Terutama metode pembelajaran yang dilakukan secara online yang biasa
disebut dengan e-learning. Salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi Google Classroom. Dalam
pemanfaatan aplikasi Google Classroom menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efesien dikarenakan
guru dan siswa dapat setiap saat berinteraksi secara online di aplikasi Google Classroom, dimana siswa
dapat belajar, berdiskusi, mengunduh materi, dan mengirim tugas dari jarak jauh. Oleh karenanya tujuan
dalam pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran dan serta
workshop tentang optimalisasi pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom di SMK Darul
Muin. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu guru dan siswa
dalam belajar mengajar menggunakan media aplikasi Google Classroom.

References

A. B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan

Edmodo,†Volume 2 Nomor 1, Januari 2016, no. 2442-8337, 2016.

D. Darmawan, Pengembangan E-Learning Teori dan Desain, Rosda, 2014.

J. F. Kristen Tsaoys, Classroom Kickoff : A Teacher's Guide For Getting Started with

Google Classroom, Edison Public School Diistrict, 2017.pp. 43–74, 2014.

Megahantara, G.S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta :

Universitas Negeri Yogyakarta.

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of

Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from

https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799- 2016911289.

Downloads

Published

21-02-2020

Issue

Section

Articles