EDUKASI INTERNET UNTUK WIRAUSAHA PARA SANTRI PONDOK PESANTREN RAUDHATHUL ISHLAH
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada para santri, bertujuan untuk memberikansosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan Internet untuk membangun wirausaha yang baik dan benar,
kemajuan teknologi informasi yang sangat nyata dan berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, serta
pertumbuhan situs Internet dan peningkatan jumlah pengguna layanan Internet pada setiap tahunnya terus
bertambah. sehingga perlu dilakukan edukasi terkait penggunaan Internet dalam berwirausaha online di
lingkungan Pondok Pesantren Raudhathul Ishlah, hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta pengabdian
sangat tertarik mengikuti edukasi dan pemaparan yang disampaikan, para santri merasa terbantu dengan adanya
program pengabdian kepada masyarakat ini. Pesantren Raudhathul Ishlah memiliki potensi usaha yang bagus
beberapa sektor usaha yang sedang berjalan saat ini seperti peternakan ayam dan ikan sebagai sarana pemasaran
yang mereka kelola.
References
A. Rofiq, dkk, Pemberdayaan Pesantren, Yogyakarta : Pustaka Pesantren, 2005, hlm. 3.
Abdul Muchit Muzadi, NU dalam Perspektif Sejarah & Ajaran (Refleksi 65 th. ikut NU), Surabaya:
Khalista, 2006, hlm. 104.
Abdurrahman Wahid, Kosmopolitan, Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta:
The Wahid Institute, 2007, hlm. 88.
Asrori Karni, Etos Studi Kaum Santri: Wajah Baru Pendidikan Islam, Bandung : PT Mizan Pustaka,
, hlm. 221-222.
Deloitte. Global Human Capital Trends. 2016.
Desra.(2019, 8 Juni). Toko Offline Vs Online Kelebihan dan kekurangannya yang harus diketahui,
dari https://www.jurnal.id/id/blog/toko-offline-vs-online-kelebihan-kekurangannya-yang-harusdiketahui/
H. Muhammad Fadhil, Inovasi Pesantren dalam Pengembangan Keilmuan, Jurnal Innovatio, Vol. X,
No. 1, Januari-Juni 2011, hlm. 61.
Habib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996, hlm.
kominfo.go.id.(2019, 9 Januari). Dorong 8 Juta Petani Go Digital, Kominfo wujudkan Visi Indonesia
Digital, dari https://kominfo.go.id/content/detail/15865/siaran-pers-no-10hmkominfo012019-
tentang-dorong-8-juta-petani-go-digital-kominfo-wujudkan-visi-indonesia-digital/0/siaran_pers
kompas.com.(2017, 9 Mei). Infografik: Begini Potensi 6 Juta UMKM Jika Berhasil Go Digital, dari
https://biz.kompas.com/read/2017/09/08/095925428/ infografik-begini-potensi-6-juta-umkmjika-berhasil-go-digital
Mas’ud Machfoedz dan Mahfud Machfoedz.2004. Kewirausahaan, Suatu Pendekatan Kontemporer.
UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Sandegi, Rustam. Kurniawan dan Harti.2012.
Siswanto, Tito, 2013, Optimasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah,
Jurnal Liquidity, Vol 2 No.1, Januari –Juni 2013, Hal 80-86.
Stancome research planning : 2015.
Ali, Maskur. 2010. Pengertian Internet dan Sejarah Internet. Kanisius. Yogyakarta