Gerakan Literasi Digital dalam Pekembangan Media Sosial Dikalangan Pelajar di Rumah Baca Bunda Anna Noor Pondok Petir
Abstract
Rendahnya literasi di Indonesia disebabkan oleh masyarakat yang kurang sadar akan manfaatnya. Literasi sendiri merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital dan memanfaatkannya secara bijak dan patuh terhadap aturan. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini mengkaji permasalahan yang muncul kemudian disusun berbagai alternatif untuk dapat memecahkan masalah. Peserta kegiatan sosialisasi yang terdiri atas pelajar di lingkungan Rumah Bunda Anna Noor telah dilakukan pretest tentang pengetahuan awal apakah mereka memahami dan mengerti pentingnya undang-undang informasi dan transaksi elektornik serta pemanfaatan media sosial dikalangan pelajar. Maka selanjutnya dilakukan post test untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman dari materi yang telah disampaikan sebelumnya tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektornik serta pemanfaatan media sosial dikalangan pelajar di Rumah Baca Bunda Anna Noor.
References
ALA Digital Literacy Taskforce. 2011. http://connect.ala.org/files/94226/w hat%20is%20digilit%20%282%29.pdf
Flew, Terry. 2004. “New Media: An Introduction (2 nd Edition)â€. Oxford, New York: Oxford University Press.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosda Karya.
TIM GLN Kemdikbud. 2017. Literasi Digital (Gerakan Literasi Nasional). Jakarta: Sekretariat TIM GLN Kemdikbud.
Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS (Edisi ke-2).