PENGARUH AKTIFITAS PESERTA, UMUR, GENDER DAN LOKASI PESERTA TERHADAP NILAI PESERTA E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
learning, training, educationAbstract
Pelatihan jarak jauh merupakan salah satu solusi program pemerintah dalam menggerakkan roda pelatihan dalam masa pandemi covid-19. Media pembelajaran e-learning dengan memanfaatkan moodle merupakan cara tercepat dan termudah dalam melaksanakan pelatihan jarah jauh tersebut. Dengan memanfaatkan internet stakeholder Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar yaitu Satuan Kerja Kementerian Agama di Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dapat mengikuti pelatihan untuk mengembangan kompetensi pegawai dalam lingkup wilayahnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai peserta dilakukan analisis pada penelitian ini dengan program SPSS dan metode analisis regresi linear berganda. Seberapa besar aktifitas peserta, umur, gender dan lokasi peserta berpengaruh pada nilai akhir peserta. Aktifitas Peserta Diklat, Umur, Gender dan Provinsi asal peserta secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Peserta dengan angka signifikansi sebesar 0,012. Dengan pengaruh lokasi menjadi pengaruh paling signifikan dengan nilai signifikansi 0,002.References
Awanti, H., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). The Internet Subscriber Preferensi Factor in Deciding to Use The Service at. 00, 2–18.
Bisri, K., Samsudi, S., & Supraptono, S. (2009). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(1), 129527.
Dananjaya, P., & Mustanda, I. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(10), 254410.
GOYAL, S. (2012). E-Learning: Future of Education. Jurnal Tata Rias, 6(4), 239. https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i4.168
Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019). Learning Management System with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012078
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Haslinda, & Jamalludin. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhdap Kinerja Organisasi Dengan Standart Biaya Sebagai Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradapan, 1–21. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jiap/article/view/3015/2867
Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Irawati, D. Y. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus di Fakultas Teknik , Universitas Katolik Darma Cendika. 9(2).
Kementerian Agama. (2018). Peraturan Menteri Agama No. 10 Tahun 2018. In Pemerintah Republik Indonesia.
Mona, M., Kekenusa, J., & Prang, J. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud. D’CARTESIAN, 4(2), 196. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9211
Muyaroah, S. (2019). Efektifitas E-Learning Dengan Aplikasi Moodle pada Mata Kuliah Penelitian Pengembangan Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 114. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.567
Nurhidayat, D., Sitanggang, D. A., & Adhi, B. P. (2020). Efektifitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran ( Studi Kasus Rancang Bangun E-Learning Berbasis. SEMNASINKOR, Vol 10(No 1), 26–35. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/14491
Ohyver, M., & Tanty, H. (n.d.). PENDETEKSIAN OUTLIER PADA MODEL REGRESI GANDA : STUDI KASUS TINGKAT PENGHUNIAN KAMAR HOTEL DI KENDARI. 12(2), 114–122.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783
Pujangga, P. A., & Mustafidah, H. (2018). Efektifitas E-Learning Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 15(1), 9–24.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Sari, E. V., & Isroah. (2015). Pengaruh Sifat Machiavellian Dan Perkembangan Moral Terhadap Dysfunctional Behavior. 1, 1–15.
Septian, F., Syaripudin, A., & Punkastyo, D. A. (2020). PELATIHAN PENDIDIKAN JARAK JAUH BERBANTUAN MEDIA SOSIAL. JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 60–68.
Wijaya, R., Lukman, M., Yadewani, D., Manajemen, P., & Padang, A. J. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID19 TERHADAP PEMANFAATAN E LEARNING. 9(2).