PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA UNTUK ANAK DIDIK YAYASAN AL-KAMILAH

Authors

  • Eka Rima prasetya Universitas Pamulang
  • Johan Syahbrudin Universitas Pamulang
  • Siti Mundiroh Universitas Pamulang
  • Samsul Marpitasa Universitas Pamulang
  • Prima Sadewa Universitas Pamulang

Keywords:

Jiwa Kewirausahaan, Game Edukasi, Yayasan Al-Kamilah

Abstract

Yayasan Al-Kamilah adalah sebuah yayasan yatim piatu yang berdiri pada tahun 2012. Anak didik yayasan Al-Kamilah terdiri dari berbagai daerah dan sekolah pada tingkat pendidikan yang berbeda, mulai dari TK sampai dengan SMA. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa salah satu tujuan dari mitra yakni ingin menjadikan para anak didik menjadi seorang wirausaha dan untuk mencapai hal tersebut diperlukan berbagai kemampuany yang harus dimiliki. Salah satu faktor yang menjadi permasalahan mitra yakni dimana para anak didik kesulitan dalam menguasai kemampuan berhitung dan komunikasi menggunakan bahasa inggris. Tujuan dalam pengabdian ini yakni Pengembangan Jiwa Kewirausahaa melalui Game Edukasi Bahasa Inggris dan Matematika. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan bahasa inggris dan matematika melalui game edukasi. Pelatihan dilakukan selama 1 bulan dimana dalam setiap minggu akan ada narasumber yang memberikan pelatihan. Pemberian pelatihan/pembelajaran bahasa inggris dan berhitung melalui pendekatan game edukasi yang dilakukan secara berkala selama 1 bulan terbukti efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan anak-anak Yayasan Al Kamilah.

References

Alifah, F. & Sutirna. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika). Hal: 892-898.

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal DINAMIKA SOSBUD, 14(1), 89–101.

Clark, R. E. (2006) Evaluating the Learning and Motivation Effects of Serious Games. Rosier school of Education Center for Creative Technologies Available online at: http://projects.ict.usc.edu/itgs/talks/Clark_Serious%20Games%20Evaluation.ppt

Donald Clark. (2006). Game and e-learning. Sunderland: Caspian Learning. www.caspianlearning.co.uk

Hidayati, T. (2018). Relevansi History Of Mathematics (Hom) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Akrab Juara, 3(1), 71-86.

Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2019). Etnomatematika: konsep dan eksistensinya. Pena Persada.

Supriatna, H. & Supartono. (2017). Kemampuan Literasi Matematika dan Jiwa Kewirausahaan pada Pembelajaran Matematika Problem Based Learning Berpendekatan Entrepreneurial Pedagogy. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 6(1), 1-10.

Syahbrudin, J., Prasetya, E.R., Mundiroh, S., Marpitasa, S., & Sadewa, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris dan Berhitung Berbasis Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Bagi Anak Panti Asuhan Al Kamilah. ABDIMISI. 1(1), 1-9.

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles