Pemasaran Konvensional Versus Online: Dimensi Hukum di dalam E-commerce
Keywords:
Pemasaran konvensional, hukum, e-commerce, pemasaran onlineAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi mitra binaan Universitas Warmadewa di Desa Payungan, Kecamatan Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Diharapkan dengan pemanfaatan bantuan aplikasi online dalam kegiatan pemasaran dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk menghadapi situasi perekonomian yang lesu saat ini. Namun dalam melakukan bisnis maupun penjualan dengan cara online, sangat penting sekali kiranya juga memperhatikan aspek hukum dalam bisnis online. Setidaknya yang perlu diperhatikan ialah cara melakukan penjualan di dunia maya manakala terjadi hal yang tidak diinginkan seperti menangani penipuan, atau komplain yang frontal. Walaupun sebagian besar aspek hukum tersebut diketahui sendiri oleh para pelaku penjual online, akan tetapi alangkah jauh lebih baik bila hal tersebut juga diketahui sebelum memulai bisnis online.
References
Adiputra, I. M. P., Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. K. (2014). Culture Of Tri Hita Karana As Moderating Effect Of Locus Of Control On The Performance Of Internal Auditor (Studies In The Office Of The Provincial Inspectorate In Bali). Culture, 5(22).
Ajzen, I. (2015). Consumer attitudes and behavior: the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. Rivista Di Economia Agraria, 70(2), 121–138. https://doi.org/10.13128/REA-18003
Asmarantaka, Ratna Winandi. 2014. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). IPB Press. Bogor.
Hansen, T., Møller Jensen, J., & Solgaard, H. S. (2004). Predicting online grocery buying intention: a comparison of the theory of reasoned action and the theory of planned behavior. International Journal of Information Management, 24, 539–550. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2004.0 8.004
Lim, Y. J., Osman, A., Salahuddin, S. N., Romle, A. R., & Abdullah, S. (2016). Factors Influencing Online Shopping Behavior: The Mediating Role of Purchase Intention. Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 401–410. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)00050-2
Liu, Hang, Yuming Wang, dan Kui Xie. 2013. Agricultural E-Commerce Sites Evaluation Research. International Journal of Business and Social Science, 4 (17): 138-143.
Lu, Jinhai. 2015. The Entire E-Commerce Application in Guangxi Fruit Industry. International Symposium on Social Science. http://download.atlantis-press.com.
Naiyananont, P., & Smuthranond, T. (2017). Relationships between ethical climate, political behavior, ethical leadership, and job satisfaction of operational officers in a wholesale company, Bangkok Metropolitan region. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 345–351. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.07.005
Saputra, K. A. K. (2015). Implementasi Total Quality managemen dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Bisma Undiksha, 1(1).
Saputra, K. A. K., & Julianto, I. P. (2016). Pembentukan Bumdesa Dan Komunitas Wirausaha Untuk Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Desa. In Prosiding Seminar Nasional TEAM.
Saputra, K. A. K., Anggiriawan, P. B., & Sutapa, I. N. (2018). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Perspektif Budaya Tri Hita Karana. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 3(1), 306–321.
Saputra, K. A. K., Sara, I. M., Jayawarsa, A. A. K., & Pratama, I. G. S. (2019). Management of Village Original Income in The Perspective of Rural Economic Development. International Journal of Advances in Social and Economics, 1(2), 52. https://doi.org/10.33122/ijase.v1i2.40
Schmitt, B. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Foundations and Trends in Marketing, 5(2), 55–112. https://doi.org/10.1561/1700000027
Shohib dan Farlina. Kajian Tentang Aspek Hukum Bisnis Dan Perlindungan Konsumen dalam e-commerce. 2016. Jurnal Administrasi dan Bisnis , Volume: 10, Nomor:1 , Juni 2016, ISSN 1978-726X
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.