WORKSHOP PELATIHAN MANAJEMEN REFERENSI DAN SITASI UNTUK KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MENDELEY
Keywords:
reference manager, mendeley, peningkatan pengetahuan, workshopAbstract
Keadaan saat ini dengan masih kurangnya tingkat pengetahuan dan keterampilan dalam membuat sebuah artikel yang baik dengan memiliki sumber referensi yang baik serta struktur penulisan yang sesuai dengan kaidah ilmiah memberikan sebuah permasalahan yang cukup signifikan karena berkaitan dengan kualitas artikel itu sendiri bagi mahasiswa dan dosen. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengenai referensi manager dan sitasi dengan menggunakan Mendeley melalui kegiatan workshop. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan workshop. Hasil kegiatan memberikan pengaruh terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh peserta pelatihan yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan meskipun harus dilakukan banyak latihan lanjutan. Kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan adalah seluruh peserta kegiatan hampir keseluruhan pelatihan dapat menerima materi yang disampaikan dan menginginkan adanya pelatihan lanjutan dengan materi yang sama.
References
Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540
Arizal, N., & Listihana, W. D. (2018). MENDELEY: UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DOSEN. 274–281.
DeWitt, D., Alias, N., Siraj, S., Yaakub, M. Y., Ayob, J., & Ishak, R. (2013). The Potential of Youtube for Teaching and Learning in the Performing Arts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1118–1126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.439
Ginanjar, A. (2018). PENINGKATAN MUTU KARYA TULIS DOSEN FIS DENGAN MENGGUNAKAN REFERENCE MANAGER SOFTWARE MENDELEY. In HARMONY (Vol. 3, Nomor 2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/28183
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Katchanov, Y. L., Markova, Y. V., & Shmatko, N. A. (2019). Comparing the topological rank of journals in Web of Science and Mendeley. Heliyon, 5(7), e02089. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02089
Kousha, K., & Thelwall, M. (2019). Can Google Scholar and Mendeley help to assess the scholarly impacts of dissertations? Journal of Informetrics, 13(2), 467–484. https://doi.org/10.1016/j.joi.2019.02.009
KratochvÃl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and Zotero. Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.09.001
N, A., Listihana, W. D., & Nofrizal, N. (2018). MENDELEY: UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DOSEN. ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian), 6(2), 274–281. https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3573
Setiawan, D., Hamzah, H., & Arlenny, A. (2019). Pelatihan Ms.Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik Unilak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 172–179. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2215
Thelwall, M. (2018). Early Mendeley readers correlate with later citation counts. In Scientometrics (Vol. 115, Nomor 3, hal. 1231–1240). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11192-018-2715-9
Wiederhold, B. K. (2020). Connecting Through Technology During the Coronavirus Disease 2019 Pandemic: Avoiding “Zoom Fatigue.†Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 23(7), 437–438. https://doi.org/10.1089/cyber.2020.29188.bkw