Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19

Authors

  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang
  • E. Nurzaman AM Universitas Pamulang
  • Sarwani Sarwani Universitas Pamulang
  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang
  • Wiwik Hasbiayah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.10407

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membantu masyarakat UMKM dalam menumbuhkan semangat bangkit dari keterpurukan dampak dari Pandemi Covid 19 melalui berbagai upaya Digital marketing dan manajemen keuangan yang baik. Pengabdian ini dilakukan di Sri Sai Silver Bali Jl. Padma No.154, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80238. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan Digital Marketing  yang berdampak pada kesejahraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam hal manajemen keuangan dan pemasaran dugitalisasi secara masiv dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat UMKM.â€

References

Abidin, A.Z. dan Dharma, M.B. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dinas koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Pascasarjana Universitas Pamulang: Prosiding Seminar Ilmiah Nasional “Membangun Paradigma Kehidupan Melalui Multi Disiplin Ilmu.

Badan Pusat Statistik. (2020). Tabel Perkembangan pada periode 1997 sampai 2013. https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1322/tabel-perkembangan-umkm-pada-periode-1997--2013.html

Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet (2019); Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, ABDIMAS 23 (2) (2019): 117-120

Husnah Nur Laela Ermaya, Rahmasari Fahria (2019) Pemberdayaan Pelaku Umkm Di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk, Keberlanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0, Desember 2019, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Peraturan Menteri Keuangan No. 32 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019

Sarmili. (2017). Permodalan masih jadi masalah UMKM di Tangerang. https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabeknasional/17/11/22/oztbq4383-permodalan-masih-jadi-masalah-umkm-di-tangerang. Diakses pada 12 Februari 2019

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta .

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukirno, S. (2002). Teori Mkro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Sunardi, N. (2017). Determinan Kebijakan Utang Serta Implikasinya terhadap Kinerja Perusahaan (Perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ. 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Sekuritas, 1(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-04-01