Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.10407Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk membantu masyarakat UMKM dalam menumbuhkan semangat bangkit dari keterpurukan dampak dari Pandemi Covid 19 melalui berbagai upaya Digital marketing dan manajemen keuangan yang baik. Pengabdian ini dilakukan di Sri Sai Silver Bali Jl. Padma No.154, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80238. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan Digital Marketing yang berdampak pada kesejahraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam hal manajemen keuangan dan pemasaran dugitalisasi secara masiv dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat UMKM.â€
References
Abidin, A.Z. dan Dharma, M.B. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dinas koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Pascasarjana Universitas Pamulang: Prosiding Seminar Ilmiah Nasional “Membangun Paradigma Kehidupan Melalui Multi Disiplin Ilmu.
Badan Pusat Statistik. (2020). Tabel Perkembangan pada periode 1997 sampai 2013. https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1322/tabel-perkembangan-umkm-pada-periode-1997--2013.html
Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet (2019); Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, ABDIMAS 23 (2) (2019): 117-120
Husnah Nur Laela Ermaya, Rahmasari Fahria (2019) Pemberdayaan Pelaku Umkm Di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk, Keberlanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0, Desember 2019, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.
Peraturan Menteri Keuangan No. 32 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019
Sarmili. (2017). Permodalan masih jadi masalah UMKM di Tangerang. https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabeknasional/17/11/22/oztbq4383-permodalan-masih-jadi-masalah-umkm-di-tangerang. Diakses pada 12 Februari 2019
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta .
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukirno, S. (2002). Teori Mkro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.
Sunardi, N. (2017). Determinan Kebijakan Utang Serta Implikasinya terhadap Kinerja Perusahaan (Perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ. 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Sekuritas, 1(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.