Penyuluhan Kewirausahaan Dan Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.10755Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keterampilan berwirausaha kepada masyarakat usia produktif yaitu usia 19 tahun – 30 tahun dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam pengembangan usaha rumahan dan ilmu pemasaran dengan memanfaaatkan media daring yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Pengabdian ini dilakukan di Kampung Cicentang (Jln.PDAM), RT.004. RW.001, Rawa Buntu.Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama pemberian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pemasaran produk berupa digital marketing dan tahap kedua mengadakan workshop pembuatan produk oleh rekan kami di kelompok lain yaitu pelatihan membuat Crepes. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam hal kewirausahaan dan digital marketing dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat UMKM.
Keywords: Kewirausahaan; Digital Marketing; Manajemen; UMKM; Kesejahteraan Masyarakat
References
Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Alfianto, Eko Agus. (2012). Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage Volume 1 No. 2
Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo. (2021). Digital Marketing Salah Satu Solusi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/893/digital-marketing-salah-satu-solusi-pemasaran-di-masa-pandemi-covid-19
Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo. Kriteria Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Menurut UU No.20 Tahun 2008 Tentang UMKM. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/113/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-menurut-uu-no-20-tahun-2008-tentang-umkm
Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Kotler,P. dan Keller.L.K. (2009), Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba
Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.
Sumual, Alvianus K. (2013). Pengaruh Knowledge Management dan Corporate Culture Terhadap Inovasi (Study Pada Bank Sulut Cabang Utama Manado). Jurnal EMBA, Vol 1 No. 3
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.