Penyuluhan Kewirausahaan Dan Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM

Authors

  • Leni Suhartati Universitas Pamulang
  • Sonia Zulfa Deshi Danuz Universitas Pamulang
  • Ganes Farhan Ahmad Sasmita Universitas Pamulang
  • Ina Nurjanah Universitas Pamulang
  • Julia Herniwati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.10755

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keterampilan berwirausaha kepada masyarakat usia produktif yaitu usia 19 tahun – 30 tahun dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam pengembangan usaha rumahan dan ilmu pemasaran dengan memanfaaatkan media daring yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Pengabdian ini dilakukan di Kampung Cicentang (Jln.PDAM), RT.004. RW.001, Rawa Buntu.Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama pemberian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pemasaran produk berupa digital marketing dan tahap kedua mengadakan workshop pembuatan produk oleh rekan kami di kelompok lain yaitu pelatihan membuat Crepes. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam hal kewirausahaan dan digital marketing dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat UMKM.

Keywords: Kewirausahaan; Digital Marketing; Manajemen; UMKM; Kesejahteraan Masyarakat

Author Biographies

Leni Suhartati, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Sonia Zulfa Deshi Danuz, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Ganes Farhan Ahmad Sasmita, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Ina Nurjanah, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Julia Herniwati, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

References

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Alfianto, Eko Agus. (2012). Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage Volume 1 No. 2

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo. (2021). Digital Marketing Salah Satu Solusi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/893/digital-marketing-salah-satu-solusi-pemasaran-di-masa-pandemi-covid-19

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo. Kriteria Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Menurut UU No.20 Tahun 2008 Tentang UMKM. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/113/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-menurut-uu-no-20-tahun-2008-tentang-umkm

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Kotler,P. dan Keller.L.K. (2009), Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Sumual, Alvianus K. (2013). Pengaruh Knowledge Management dan Corporate Culture Terhadap Inovasi (Study Pada Bank Sulut Cabang Utama Manado). Jurnal EMBA, Vol 1 No. 3

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104.

https://money.kompas.com/read/2021/03/02/161627926/satu-tahun-pandemi-jumlah-pengangguran-nyaris-10-juta-angka-kemiskinan-tembus?page=all

https://metro.sindonews.com/read/458346/170/kapolda-metro-jaya-nyatakan-kondisi-jakarta-sedang-tidak-baik-1623906406

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210614062440-20-653897/anies-sebut-jakarta-masuk-fase-amat-genting-hadapi-covid-19

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5609624/kondisi-memburuk-sekolah-tatap-muka-di-dki-jakarta-dihentikan

https://www.liputan6.com/regional/read/4584502/bandung-siaga-satu-berikut-daftar-pembatasan-kegiatan-masyarakat

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5606813/corona-menggila-ridwan-kamil-larang-wisatawan-ke-bandung

Downloads

Published

2021-04-10