Strategi Mengelola Keuangan di Masa Pandemi Covid-19 pada Rumah Panti Asuhan dan Dhuafa Yayasan Al-Kamilah Serua, Depok

Authors

  • Edi Junaedi Universitas Pamulang
  • Dewi Sugita Universitas Pamulang
  • Evi Yanti Universitas Pamulang
  • Iqbal Wahyudin Universitas Pamulang
  • Shella Virgia Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.10951

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu: Memberikan edukasi tentang strategi mengelola keuangan kepada anak-anak Panti Asuhan dan Dhuafa di Yayasan Al-Kamilah. Memberikan pengetahuan dan pemahaman  kepada anak-anak Panti Asuhan  dan Dhuafa tetang tips mengelola keuangan di saat pandemi. Memberikan  pengarahan tentang bagaimana menghemat uang di saat pandemi. Metode kegiatan ini yaitu dengan cara ceramah dan pelatihan memberikan materi secara langsung dan juga membahas tentang strategi mengelola financial dalam upaya memberikan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak Panti Asuhan dan Dhuafa yang berdampak pada keuangan di rumah Panti Asuhan dan Dhuafa di tengah pandemi covid-19 Serua,Depok. Hasil dari kegiatan tersebut adalah anak-anak Panti Asuhan dan Dhuafa menjadi paham dan mengerti cara mengelola keuangan,cara menghemat uang dan menyisihkan uangnya untuk di tabung dan mendorong anak-anak Panti Asuhan dan Dhuafa untuk semangat dalam mencari penghasilan tambahan yang cocok saat pandemi.Sehingga ke depannya anak-anak Panti Asuhan dan Dhuafa akan lebih pandai dalam mengatur keuangan.

Kata kunci: Strategi mengelola keuangan; Pandemi covid-19

References

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

https://cohive.space/blogs/tips-manajemen-keuangan-di-masa-pandemi/

https://klasika.kompas.id/baca/strategi-mengelola-keuangan-di-tengah-pandemi/

https://www.dana.id/blog/tips- mengatur-keuangan-saat-pandemi

https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/07/5-strategi-jitu-mengatur-rencana-keuangan-di- masa-pandemi

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104.

ana.id/blog/tips-mengatur-keuangan-saat-pandemi

Published

2021-04-01