Pengembangan Usaha Budidaya Burung Puyuh di Area Pemukiman dengan Meningkatkan Kualitas Telur dan Daging pada Peternakan Arsyan Farm di Desa Cibogo Kec. Cisauk Kab. Tangerang Selatan

Authors

  • Elpin Perdamaian Zega Universitas Pamulang
  • Nini Arianti Universitas Pamulang
  • Lusiana Boru Situmorang Universitas Pamulang
  • Muhammad Abiyyu Arsyan Universitas Pamulang
  • Muhammad Arafi Azis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v3i1.11058

Abstract

Ilmu manajemen selama ini masih selalu dikaitkan dengan bidang ekonomi. Penerapan ilmu manajemen dalam kehidupan ini akan sangat bermanfaat. Karena segala sesuatunya dapat di atur dengan ilmu manajemen. Apabila kehidupan ini tidak diatur dengan ilmu manajemen maka akan ada dampak yang akan terjadi pada kehidupan manusia, yaitu khususnya dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran dalam kegiatan berwirausaha. Berdasarkan hasil analisa situasi  di atas, permasalahan minimnya pemahaman mitra mengenai e-commerce dalam kegiatan usaha, minimnya pemahaman mitra mengenai aspek hukum dalam bertransaksi online serta penggunaan toko online. Dengan demikian, solusi dilakukan sosialisasi & pelatihan e-commerce beserta aspek hukumnya. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan program telah tercapai yaitu, pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai pentingnya e-commerce khususnya pemasaran online beserta aspek hukumnya.

 Kata Kunci: Ilmu manajemen; e-commerce; Pengembangan SDM

References

Listiyowati E. Dan Roospitasari K. 2007. Puyuh Tata Laksana Budi Daya Secara

Komersial. Edisi Revisi. Jakarta : Penebar Swadaya.

Nugroho dan Mayun. 1981. Beternak Burung Puyuh (Quail). Cetakan I. Semarang : Eka

Offset.

Rasyaf, Muhammad. 1985. Memelihara Burung Puyuh. Yogyakarta : Kanisius.

Topan. 2007. Sukses Beternak Puyuh. Jakarta : Agromedia Pustaka.

Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Published

2021-10-01