Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Mahasantri di Pesantren Daarul Hadis Assyarif Pondok Aren.

Authors

  • Istihfadloh Istihfadloh Universitas Pamulang
  • Henky Moriska Universitas Pamulang
  • Arno Disaputra Universitas Pamulang
  • Dwi Hafizh Wicaksana Universitas Pamulang
  • Siti Armila Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v2i2.11077

Abstract

Tujuan umum dari acara pengabdian kepada masyarakat ini adalah berbagi pengetahuan dan pelatihan secara praktis ilmu manajemen dalam menyusun anggaran bulanan dan memberikan wawasan tentang urgensi Manajemen perencanaan keuangan yang professional untuk menumbuhkan kesadaran pada pengelolaan keuangan pribadi yang lebih baik bagi Mahasantri Pesantren Daarul Hadis Assyarif.  Metode yang diaplikasikan pada kegiatan pengabdian ini  adalah metode  penguraian materi secara langsung dan survey  serta simulasi dan dialog  mengenai manajemen, pengelolaan keuangan dan pendampingan intensif dalam perencanaan keuangan personal dengan pendekatan problem solving yang berdampak pada kesejahteraan mahasantri. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah mentoring  dalam manajemen perencanaan keuangan yang proporsional dan  didapatkan data rata-rata  mahasantri memiliki kemampuan menyusun perencanaan keuangan personal dengan baik.

 Kata Kunci: Manajemen; perencanaan keuangan; pengelolaan keuangan

 

References

Andrew, V., & Linawati, N. (2014). Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan Dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya. Finesta.

Bachrudin, E. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga. In Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Joko, F. A. (2012). Pola konsumsi, investasi, dan proteksi sebagai indikator perencanaan keuangan keluarga (studi pada masyarakat Kabupaten Sidoarjo). Media Mahardhika.

Kapoor, J. R., Dlabay, L. R., & Hughes, R. J. (2007). Business and Personal Finance. In Glencoe/McGraw-Hill.

Krishna, A. S. S., Sari, M., & Rofaida, R. (2007). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). Academia.Edu.

Lukmanto, R. (2014). Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa tentang Perencanaan Keuangan Mahasiswa Di Surabaya. CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Orton, L. (2007). Financial Literacy: Lessons from International Experience. In Canadian Policy Research Networks.

Sina, P. G. (2014). Tipe Kepribadian Dalam Personal Finance. Jibeka.

Wijayanti; Grisvia, agustin; Farida, R. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, Ipk, Dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. JPE, 9.

Wulandari, F. A., & Sutjiati, R. (2014). Pengaruh tingkat kesadaran masyarakat dalam perencanaan keuangan keluarga terhadap kesejahteraan (Studi pada Warga Komplek BCP, Jatinangor). Jurnal Siasat Bisnis. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss1.art3

Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Lesmana, Rosa, Nardi Sunardi, Wiwik Hasbiyah, Muliahadi Tumanggor, and Susanto Susanto. "Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat." Jurnal Abdi Masyarakat Humanis 1, no. 1 (2019).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Published

2021-04-15