Penerapan Strategi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Semangat Beraktivitas Di Tengah Pandemi Covid 19 Di Kampung Cicentang Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Amar Fikri Fajarhadi Universitas Pamulang
  • Alia Nur Avina Universitas Pamulang
  • Riana Hidayani Universitas Pamulang
  • Nur Kholikul Ulum Universitas Pamulang
  • Soleha Soleha Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v4i1.13083

Abstract

Abstrak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, serta keterampilan berwirausaha kepada masyarakat usia produktif usia 18 tahun – 35 tahun dengan memberikan pelatihan serta pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pada pengembangan usaha rumahan dan ilmu pemasaran dengan memanfaaatkan media daring yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Pengabdian dilakukan di Kampung Cicentang (Jln.PDAM), RT.004. RW.001, Rawa Buntu.Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pelaksanaan kegiatan dilakukan dua tahap, yaitu tahap pertama pemberian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pemasaran produk berupa digital marketing dan tahap kedua mengadakan workshop membuat produk oleh rekan kami di kelompok lain yaitu pelatihan membuat Crepes. Kesimpulan dari pengabdian pada masyakat ini adalah akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam hal pendampingan terhadap masyarakat dengan melakukan Ice Breaking pada saat penyuluhan berlangsung untuk meningkatkan konsentrasi peserta.

Keywords: Ice Breaking; Manajemen; Penyuluhan; Peserta.

References

Caswita. (et all). 2012. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Dengan Selingan (Ice Breaker) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1, Nomor 4, Nopember 2012. (Universitas Lampung diakses pada tanggal 22 februari 2013)

Modul Praktikum Konseling Individual / Teknik Laboratorium ( Bengkulu, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH., Prodi Studi Bimbingan dan Konseling 2015).

Mu’awanah Elfi dan Rifa Hidayah. 2009. Bimbingan Konseling Islam. Jakarta, PT. Bumi Aksara

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Persada

Alfiah, S., Andriani, j., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Csalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada curug paok dan bukti jaka).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Published

2022-10-01