Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Ikan Lele Dimasa Pandemi Dengan Teknologi Pengemasan dan Penjualan Online Di Desa Cogreg Parung Bogor

Authors

  • Agus Sopian Universitas Pamulang
  • Parmo Parmo Universitas Pamulang
  • Zixri Maulana Putra Universitas Pamulang
  • Maya Sutra Wijaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v3i1.13822

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini berjudul strategi meningkatkan penjualan produk olahan ikan lele dimasa pandemi dengan teknologi pengemasan dan penjualan online di desa Cogreg kecamatan Parung, Bogor. Tujuan umum dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini ialah memberikan informasi, pengetahuan dan pelatihan berkelanjutan khususnya dibidang strategi pemasaran dalam industri rumahan pengolahan lele. Metode yang dipakai merupakan metode survey dan pemaparan materi secara langsung(tatap muka) serta simulasi dan juga diskusi mengenai meningkatkan daya tarik produk dipasaran agar meningkatkan penjualan dan respon positif konsumen, Kesimpulan output yang akan dihasilkan dari pemecahan masalah yang diambil akan memberikan pengetahuan yang bersifat dasar bagi UKM Kemuning Mandiri yang akan membantu para anggotannya memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh produk olahan ikan lele, sehingga tujuan akhir mewujudkan kesejahteraan bagi anggotanya dan masyarakat sekitar dapat terwujud. Kata Kunci: Strategi Pemasaran; UKM; Kesejahteraan Masyarakat  

References

Alfitri. (2011). Community Development Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Asakdiyah, S., & Sulistyani, T. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, STIE YKPN.

Astawan, M. (2009). Food and Beverage-Lele Asap.

Chatib, Munif. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.

David, F. R., Ali, A. J., & Al-Aali, A. Y. (2009). Strategic Management: Concepts and Cases.

DuPuis, S., & Silva, J. (2008). Package Design Workbook: The Art and Science of Successful Packaging. Rockport Publishers.

Erlyna Wida Riptanti dan Choirul Anam. (2014). Laporan IbM Pengembangan Usaha Berbahan Baku Lele di Kabupaten Boyolali. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Fitri, D. A., & Mansur, M. (2018). Pelatihan Desain dan Promosi Online Produk Kerupuk Ikan dan Kerupuk Sagu di Kuala Alam Kecamatan Bengkalis. Batoboh, 3(1), 48-54.

Fuad, M., Bulan, T. P. L., & Chandra, R. (2018). Pendampingan Pembuatan Merek Usaha, Desain Kemasan Serta Pengurusan IUMK Sebagai Upaya Penguatan Daya Saing Produk Terasi Desa Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat–Kota Langsa. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 2(1), 1-8.

Hantoro, M. R. (2018). Eksplorasi Desain Kemasan Berbahan Bambu Sebagai Produk Oleh-Oleh Premium Dengan Studi Kasus Produk Makanan UKM Purnama Jati Jember (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Hardian, H., & Sari, D. K. S. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Minuman Teh Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd). Jurnal Teknik Industri, 5(1).

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. MediaKita.

Timorria, Lim F. (2019, Agustus 07) Kementerian Pertanian Dan BPS Selaraskan Data Populasi Hewan Ternak. Bisnis.com. https://bit.ly/3lmWNfe , Diakses pada 28 Juli 2021 pukul 14.00.

Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Published

2021-10-01