Pengembangan Usaha Budidaya Burung Puyuh di Area Pemukiman dengan Menerapkan Strategi Pemasaran yang Efektif dan Modern pada Peternakan Arsyan Farm di Desa Cibogo Kec.Cisauk Kab. Tangerang.

Authors

  • Dewi Kusuma Ningrum Universitas Pamulang
  • Budi H Universitas Pamulang
  • A Bella D Universitas Pamulang
  • A Nasir Universitas Pamulang
  • A Budi Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v3i1.13825

Abstract

Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Ilmu manajemen saat ini masih dikaitkan dengan bidang ilmu ekonomi. Penerapan ilmu manajemen dapat digunakan dalam bidang peternakan burung puyuh. Tujuan kegiatan PKM yang dilaksanakan di Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang adalah faktor-faktor dominan yang berpengaruh terhadap keberhasilan peternakan burung puyuh. Dalam Pelatihan pengembangan SDM dilakukan dengan rangkaian aktivitas identifikasi, pengkajian dan proses belajar yang tersusun. Untuk mengatasi persoalan yang terjadi, kelompok PKM menjalankan pelatihan untuk masyarakat yang menjadi peserta pelatihan tentang bagaimana cara memulai wirausaha/bisnis dan pelatihan berternak burung puyuh yang merupakan pembekalan bagi masyarakat agar dapat menerapkan teori-teori tentang wirausaha berternak burung puyuh. Hasil dari luaran kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pelaku usaha dapat memahami dan mempelajari cara pemasaran burung puyuh yang efektif dan modern guna mengembangkan target pemasaran telur dan burung puyuh.

 Kata Kunci: Ternak Burung Puyuh; Arsyan Farm; Pelatihan SDM

References

Abidin, Zainal.2002. Meningkatkan Produksi Puyuh. Jakarta: Agromedia Pustaka

Agus Sartono. 2008. Manajemen Keuangan. Edisi Tiga.Yogyakarta: BPFE

Helinna, M. (2002). Bisnis puyuh juga bertumpu pada DKI. Edisi Juli. Majalah Poultry Indonesia.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Managemen. (edisi 14). Global edition: Pearson Education

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Listiyowati, E. D., & Roospitasari, K. (2009). Beternak Puyuh Secara Komersial. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Mubyarto. 2008. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES

Nugroho, I., dan G. K. Mayun. 1990. Beternak Burung Puyuh. Eka Offset, Semarang

Rasyaf, M. (1991). Memelihara burung puyuh. Penerbit Kanisius.

Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Tetty. 2002. Puyuh Si Mungil Penuh Potensi. Agro Media Pustaka, Jakarta

Untung, O. (2011). Ternak Puyuh. Trubus-Swadaya. Jakarta.

Utari, D., Purwanti, A., & Prawironegoro, D. (2014). Manajemen keuangan.

Published

2021-10-01