Rumah Baca Arrosa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Minat Baca pada Masyarakat Terutama Anak-Anak di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat

Authors

  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang
  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Ahmad Nur Hadi Universitas Pamulang
  • Rian Sri Rahayu Universitas Pamulang
  • Muhammad Musfiq Salami Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v3i2.15136

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mencari alternatif meningkatkan minat baca di masyarakat, khususnya di kalangan sekolah, sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya minat baca. Adanya 3 masalah utama yang menyebabkan kenapa orang Indonesia malas membaca, adalah sebagai berikut : (1) Aksesbilitas buku di Indonesia masih rendah. (2) Masyarakat Indonesia tidak dididik untuk gemar membaca . (3) Harga buku di Indonesia masih tergolong mahal. Solusi untuk mengatasi permasalahan diantaranya adalah sebagai berikut: Para orangtua hendaknya menanamkan budaya baca kepada anaknya sedari kecil, tetapkan target untuk yang kurang gemar membaca dalam waktu tempo yang sudah ditentukan,manfaatkan waktu senggang untuk membaca,sisihkan uang tabungan untuk membeli buku,ikuti kelompok diskusi, diskusi akan membuka wawasan dan cara pandang kita yang akan menuntut kita untuk lebih banyak membaca. Target luaran yang akan dicapai adalah anak-anak dan orang tua, terutama bagi orang tua, menyadari pentingnya meningkatkan belajar dengan cara membiasakan dengan membaca pada anak-anaknya, sehingga ini akan meningkatkan belajar mereka dengan kebiasan membaca. Pada sesi ini pelaksanaan menitik beratkan pada mengarahkan dan memotivasi dengan metode bimbingan, tutorial orang berhasil dan sukses dan ada diskusi untuk memotivasi anak.

Kata kunci : Rumah Baca, Minat Baca, Anak-anak

Author Biography

Kris Dipayanti, Universitas Pamulang

Manajemen

References

Aini, Paridah, Penggunaan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Kasus: Sekolah AnNisa Pondok Aren Bintaro), Skripsi, Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2011.

Ari. 2011. Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah. Diambil dari http://aribicara.blogdetik.com. Diakses 1 januari 2012.

Bakar A.R, Sayyid Abu, Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Masyarakat, Skripsi, Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, 2014.

Darmono. 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah. Tahun 1. Nomor 1 April 2007 ISSN 1978- 9548. Pgs. 1-10.

Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Hentasmaka. 2001. Meningkatkan Minat Baca di kalangan Siswa. Diambil dari www.hentasmaka.blogspot.com. Diakses 2 Februari 2012.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Murniaty, “Pengembangan Minat Baca Masyarakatâ€, Diskusi dan Pelatihan, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Desa/Kelurahan, Tarutung: Universitas Sumatera Utara, 18-19 Maret 2013.

Putri, Savira Anchatya, Peningkatan Minat dan Budaya baca Masyarakat: Upaya Forum Indonesia Membaca dalam Bersinergi Menuju Masyarakat Melek Informasi, Skripsi, Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia, 2010.

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Sunardi, N., Marpuah, S., Putri, S. S., Selinvia, S., Surya, P. M., & Faruq, A. (2021). Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).

Downloads

Published

2022-04-01