Belilah Barang Dagangan Temanmu, Tetanggamu, dan Sesamamu
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v3i2.15637Abstract
Fokus pengabdian kepada masyarakat ini adalah peran masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui berdagang dengan potensi konsumen merupakan teman, tetangga dan lingkungan sekitar. Secara khusus, fokus pengabdian kepada masyarakat ini akan diarahkan pada tiga hal berikut : (1) Upaya peningkatan perekonomian pedesaan karena dampak adanya covid 19 melalui potensi sumber daya alam yang dimiliki, (2) Bentuk kontribusi saling membantu antar sesama pada lingkungan terdekat, (3) Upaya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan potensi penjualan. Kegiatan ini menggunakan pendekatan ceramah, pelatihan dan bimbingan serta diskusi. Lokasi kegiatan pada masyarakat kampung Cihambulu, Subang, Jawabarat. Kesimpulan kegiatan ini ada tiga rumusan dalam upaya mewujudkan peningkatan melalui berdagang. Pertama, budayakan membeli barang dagangan yang dijual oleh saudara, kawan-kawan atau kenalan tanpa melakukan penawaran. Kedua, kita juga bisa mengalokasikan anggaran derma atau amal yang biasa kita lakukan di hari jumat, atau sedekah shubuh atau zakat maal yang di keluarkan setiap bulan, sebagai dana untuk membeli barang-barang dagangan yang ditawarkan oleh orang-orang kepada kita. Ketiga, melakukan peningkatan penjualan dengan memanfaatkan teknologi yaitu pemasaran online melalui media sosial dan marketplace.
Kata kunci : Jual Beli; Teman; Tetangga; Teknologi
References
Akhmaddhian, S., & Agustiwi, A. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Secara Elektronik Di Indonesia. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 40-60.
Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Astuti, D. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 13-26.
Belilah barang dagangangan temanmu, tetanggamu dan sesamamu, https://www.kompasiana.com/rohmahsugiarti/5eb4cb9fd541df0f7d53ee34/belilah-barang-dagangan-temanmu-tetanggamu-dan-sesamamu. 8 mei 2020
BPS. (2021). Kabupaten Subang Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statististik.
Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).
Haroen,N. (2007) Fiqh Muamalah. Gaya Media Pratama. Jakarta
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Kris dipayanti, nufzatutsaniah, bunga astra gracia, rob sosiatri, rian sri rahayu, strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan timun agar mewujudkan desa mandiri dan sejahtera di desa cihambulu pabuaran subang jawa barat. (2020). http://dx.doi.org/10.32493/%JAMH.v1i2.4900
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Mubarok, J dan Hasanudin. (2017). Fikih Mu’amalah Maliyah. Simbiosa Rekatama Media. Bandung
Napitupulu, R. M. (2015). Pandangan Islam terhadap jual beli online. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 1(2), 122-140.
Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.
Salim, M. (2017). Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 6(2), 371-386.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Sunardi, N., Marpuah, S., Putri, S. S., Selinvia, S., Surya, P. M., & Faruq, A. (2021). Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.