Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kualitas SDM dalam Masa Pandemi Covid-19 dengan Keterampilan Pengelolaan Limbah Plastik

Authors

  • Hikayat Hikayat Universitas Pamulang
  • Anto Wijaya Universitas Pamulang
  • Dede Sobari Universitas Pamulang
  • I made Leona Agus Karnawan Universitas Pamulang
  • Issyam Syartawi Muhammad Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v4i1.18718

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di kecamatan Tapos kota Depok dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Tapos guna meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan sampah terutama sampah plastik. Metode yang digunakan adalah survey, ceramah dan diskusi serta pelatihan. Berdasarkan survey pendahuluan olen Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke lokasi dengan melakukan observasi beberapa pelaku bisnis UKM sudah memulai usaha dengan pengelolaan limbah plastik, namun masih menemukan hambatan di masyarakat setempat yang belum memahami limbah plastik di lingkungan dan cara mengelolanya. Diharapkan setelah adanya penyuluhan sosialisai PKM ini maka UKM dapat semakin berkembang, dan masyarakat semakin berkualitas dan memiliki keterampilan Pengelolaan limbah plastik sehingga mampu ber UKM dan memajukan taraf perekonomian dan berdampak positif dengan terjaganya lingkungan baik untuk diri sendiri dan masyarakat.

References

Agustina, Serly Putri. 2014. Pembuatan Plastik Biodegradable dari Pati Umbi Gadung. Politeknik Negeri Sriwijaya: Palembang.

Ambari, M. (2019). Benarkah produksi sampah plastik Indonesia terbanyak kedua di dunia?. Diakses dari laman https://www.mongabay.co.id /2019/02/22/benarkah-produksi-sampah-plastik-indonesia-terbanyakkedua-di-dunia/

Azizah, U., 2009. Polimer Berdasarkan Sifat Thermalnya. Chem-is-Try.Org.

Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., Sunardi, N., & Hasmanto, B. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Karmana, Oman, (2007), Cerdas Belajar Biologi, Grafindo Media Pratama, Bandung.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Santoso, Hieronymus Budi., (1998). Teknologi Tepat Guna PUPUK KOMPOS. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2022-10-01