Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Society 5.0 di Kelurahan Pamulang Timur (UMKM Pamulang Estate)
DOI:
https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v4i2.29668Abstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pelatihan dan penyuluhan yang merupakan suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya informasi terkait cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melalui diskusi dan tanya jawab peserta dapat solusi terkait kendala mereka dalam menjalankan usaha. Pengetahuan yang diperoleh dari Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM) untuk mengembangkan usahanya di era society 5.0 ini karena era society 5.0 merupakan era dimana teknologi sangatlah berkembang pesat.
References
Anjani, Noor Halimah. Potensi Ekonomi Digital 2022: Belajar dari Pertumbuhan 2021. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. Tersedia di: https://www.cips-indonesia.org/post/opini-potensi-ekonomi-digital-2022-belajar-dari-pertumbuhan-2021?lang=id
Ayu, N. A. K. (n.d.). Persaingan Industri 4.0 di Asean Dimana Posisi Indonesia. Yogyakarta: Forbil Institute.
Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo
Eko, S. 2002. Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pemberdayaan Masyarakat, I(2), 87–99.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Oktaviani, F., & Rustandi, D. 2018. Imlementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas UNPAD, 3(1), 1-20. (http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878)
Anoraga, Pandji. 2007. Pendekatan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka CIpta.
UU No 2008 tentang UMKM bab IV pasal 6.
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Tamuban, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.