Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Society 5.0 di Kelurahan Pamulang Timur (UMKM Pamulang Estate)

Authors

  • Endang Susilo Wardani Universitas Pamulang
  • Endah Asmarawati Universitas Pamulang
  • Budi Aprianda Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v4i2.29668

Abstract

 

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pelatihan dan penyuluhan yang merupakan suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya informasi terkait cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melalui diskusi dan tanya jawab peserta dapat solusi terkait kendala mereka dalam menjalankan usaha.  Pengetahuan yang diperoleh dari Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna  bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil  dan Menengah UMKM) untuk mengembangkan usahanya di era society 5.0 ini karena era society 5.0 merupakan era dimana teknologi sangatlah berkembang pesat. 

References

Anjani, Noor Halimah. Potensi Ekonomi Digital 2022: Belajar dari Pertumbuhan 2021. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. Tersedia di: https://www.cips-indonesia.org/post/opini-potensi-ekonomi-digital-2022-belajar-dari-pertumbuhan-2021?lang=id

Ayu, N. A. K. (n.d.). Persaingan Industri 4.0 di Asean Dimana Posisi Indonesia. Yogyakarta: Forbil Institute.

Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo

Eko, S. 2002. Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pemberdayaan Masyarakat, I(2), 87–99.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Oktaviani, F., & Rustandi, D. 2018. Imlementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas UNPAD, 3(1), 1-20. (http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878)

Anoraga, Pandji. 2007. Pendekatan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka CIpta.

UU No 2008 tentang UMKM bab IV pasal 6.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Tamuban, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES.

Downloads

Published

2023-04-01