Early Agroeducation Bagi Anak Sekolah Dasar Melalui Budidaya Vertikultur

Authors

  • yulianita Rahayu Universitas Islam Nusantara
  • Latif Nur Akbar Universitas Islam Nusantara
  • Mochammad Ilhan Dhivala Universitas Islam Nusantara
  • Siska Indriyani
  • Laila Nurjamilah Universitas Islam Nusantara
  • Ummy Padhilatul Laila Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v5i1.33767

Abstract

Early agroeducation bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertanian dan lingkungan alam kepada anak-anak, terutama yang berada di tingkat sekolah dasar. Kegiatan dimulai dengan pemanfaatan lahan terbatas sebagai tempat untuk kegiatan bercocok tanam. Salah satu strategi untuk mengoptimalkan lahan terbatas sebagai media pertanaman adalah melalui budidaya vertikultur. Dalam kegiatan agroeducation bagi siswa-siswi kelas 6 di SDN Ciawigede, metode yang diterapkan adalah Participatory Learning and Action (PLA). Metode ini mencakup kegiatan penyampaian materi, diskusi dan persiapan bahan, serta  melakukan praktek langsung bersama siswa dan siswi beserta guru, mengenai teknik budidaya vertikultur dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai pot (media) tanam vertikultur. Dalam pelaksanannya, siswa-siswi SDN Ciawigede sangat antusias dalam kegiatan ini. Dalam aspek psikomotorik, kegiatan agroeducation ini juga dinilai cukup berhasil dalam menambah keterampilan siswa dan siswi Sekolah Dasar.

References

Ajak Anak Mengenal Pertanian Sejak Dini. (2023). https://pertanian.unmerbaya.ac.id/read/2023/02/15/60/Ajak_Anak_Mengenal_Pertanian_Sejak_Dini

Amarasthi, N. (2021). Mengenal Tanaman Hias Miana yang Cantik Berwarna Ungu, Mau Tahu Cara Merawatnya? https://voi.id/lifestyle/68924/mengenal-tanaman-hias-miana-yang-cantik-berwarna-ungu-mau-tahu-cara-merawatnya

Astuti, S. B. (2020). Mengenal Apa Itu Vertikultur - KAGAMA. https://kagama.id/mengenal-apa-itu-vertikultur/

Darmawan, D., Alamsyah, T. ., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Fathoni, F., Farhan F. A., Fortuna R. A, Firman D, Dora A. F., Dila R., Ruben H. A., Niko Dias S. P., Trisya K. M., & Indreswari, R. (2023). Pengembangan Pink Miana Menjadi Produk Unggulan Daerah Berbasis IPTEK Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Puntukrejo. Sarwahita, 19, 617–624. https://doi.org/10.21009/sarwahita.19k.10

Handayani, L. (2022). Program Early Agro Education Pada Siswa Sekolah Dasar Yayasan Ar-Ridha Di Desa Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang. 155–162.

Hidayatulloh, M. K. Y., Fauziyah, N., Fikriyah, W., Ummah, R., & Habibullah, A. (2022). Budidaya Tanaman Vertikultur Sebagai Upaya Pengoptimalan Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(1), 29–37. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i1.136

Imanta, G., Rahmah, A., Yati, M. R., Dewi, A. P., Sholeh, M. L., Ismiyati;, & Sari, F. (2022). Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Sistem Vertikultur Kel. Kali Anyar, Kec. Tambora, Jakarta Barat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–10.

Kuncoro, S., Suhandy, D., Amien, E. R., & Winda, R. (2020). Pertanian Vertikultur untuk Meningkatkan Minat Menanam Pada Anak Sekolah Dasar Khoiru Ummah Bandar Lampung. Jurnal Sinergi, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.23960/jsi.v1i1.13

Kusumo, R. A. B., Sukayat, Y., Heryanto, M. A., & Wiyono, S. N. (2020). Budidaya Sayuran Dengan Teknik Vertikultur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Perkotaan. Dharmakarya, 9(2), 89–92. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i2.23470

Munawir, A., Rusdiyanto, E., Putri, E. P., Umamah, S., & Muna, N. (2023). Membangun Kesadaran Siswa dengan Menanam dan Memasak Sayuran dari Rempah-Rempah Alami di SMP Paramarta Tangerang Selatan. 4(2), 457–467. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.3059

Nisak, F., Ali, M., Huda, N., Purwanti, S., & Pratiwi, yeni ika. (2020). Pemanfaatan Potensi Pekarangan Rumah Dengan Budidaya Sayuran Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga Dengan Sistem Vertikultur. 23.

Oktyajati, N., & Rachmawatie, S. J. (2020). Program Early Agroeducation Pada Siswa Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Program Sustainable Agriculture. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 86. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i2.40760

Pajar, I. R. (2021). Sistem Vertikultur Sebagai Solusi Optimalisasi Lahan Pekarangan Yang Sempit Di Dusun Palasari - Website Universitas Siliwangi. https://unsil.ac.id/2021/01/05/sistem-vertikultur-sebagai-solusi-optimalisasi-lahan-pekarangan-yang-sempit-di-dusun-palasari/

Putri, S. D. (2020). Dinas Pertanian dan Pangan - Cinta Pertanian Sejak Dini. https://pertanian.jogjakota.go.id/detail/index/13113

Rahmawatiningsih, A., Prayoga, I. M. A., Yanthi, N. P. W., & Temaja, I. G. R. M. (2010). Pemberian Ekstrakurikuler Pertanian Pada Siswa Sd Di Desa Gunaksa Kabupaten Klungkung, Bali. Iptekma, 2(1), 1–04.

Shiska, M., & Agustina, E. (2022). Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Budidaya Teknik Vertikultur Pada Tanaman Sawi Caisim Dan Kangkung. Jurnal Masda, 1(2), 107–111. https://doi.org/10.58328/jm.v1i2.85

Sugiarto, C., & Nuswantoro, B. D. (2022). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Media Tanam Dengan Teknik Vertikultur Di Kampung Jagalan Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. 3(1), 34–39.

Suratman, M., & Suparno. (2021). Mengenalkan Anak Usia Dini Pada Bidang Pertanian Melalui Wisata Edukasi – BBPPMPV Pertanian. https://p4tkpertanian.kemdikbud.go.id/?p=5396

Vertikultur sebagai Solusi Pertanian di Lahan Sempit yang Cocok dengan Milenial. (2021). https://pejengkolan.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/261

Yuliawati, D. (2022). Pentingnya Pertanian Sejak Dini, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Kenalkan Budidaya Microgreen Kepada Anak-Anak Usia Sekolah Dasar – KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO. http://kkn.undip.ac.id/?p=362942#

Published

2023-10-01